Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » » Apa Beda Kapal Pelni dan ASDP?

Pemuda Maritim - Sebagai negara yang terdiri dari puluhan ribu pulau, konektivitas adalah modal terpenting perekat persatuan dan kesatuan NKRI. Karena duapertiga bagian wilayah Indonesia terdiri dari lautan, moda laut menjadi backbone untuk konektivitas Nusantara.

Selama ini, masyarakat mengenal PT Pelni dan PT ASDP Indonesia Ferry sebagai dua operator yang menjalankan fungsi konektivitas tersebut. Namun, tidak jarang masyarakat yang belum mengetahui perbedaan kedua operator ini.

Dikutip dari akun twitter @letsgo_pelni, mari belajar mencari tahu perbedaan keduanya.

  1. ASDP melayani singleport, Pelni melayani multiport.
  2. Singleport hanya melayari dua pelabuhan PP, kalau multiport untuk jarak tempuh PP-nya disubsidi Pemerintah.
  3. Untuk singleport, tidak ada pelabuhan lain yang disinggahi antara pelabuhan awal dengan pelabuhan tujuan. Kalau multiport, misalnya dari Tanjung Priok ke Ambon, kapalnya akan singgah di Surabaya, Makassar, Bau-Bau, dan pelabuhan lain, sebelum tiba di Ambon.
  4. Harga tiket kapal singleport satu tarif, sedangkan multiport bervariasi, tergantung jarak (satuan mil) yang ditempuh.
  5. Tipe kapal ASDP itu roll on roll off (roro) yang bisa memuat kendaraan, sementara kapal Pelni murni angkut penumpang, kecuali yang kapal 3 in 1.
  6. Kapal roro bisa mengangkut 500 penumpang dan juga kendaraan, sedangkan kapal Pelni bisa mengangkut hingga 2.000 penumpang plus kontainer.

Sumber : http://jurnalmaritim.com/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: