Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » » » » SDM Pondasi Dasar Pembanguna Maritim

Pemuda Maritim - Wacana Kementrian Kemaritiman pemerintahan baru merupakan sebuah angin segar bagi penggiat maritim di Indonesia. Pasalnya maritim merupakan isu lama dan usang namun, enggan mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Tumpang tindih kebijakkan seolah dijadikan alasan mengapa kebijakkan maritim belum mampu berjalan secara optimal. Kementrian Kemaritiman diharapakan mampu mengakomodir berbagai kebijakkan maritim yang selama ini menjadi kendala kemajuan sektor kemaritiman di Indonesia. 

Melihat perjalanan kemaritiman di Indonesia nampaknya kita harus coba melihat bagaimana sebenarnya bangsa Indonesia lahir dari Rahim maritim. Namun, ironi perkembangan kebijakkan bangsa Indonesia hampir pada dekade terakhir difokuskan pada pembangunan di daratan. Tentunya hal ini bukan saja mencuci otak bangsa Indonesia, bahkan melupakan sejarah fundamental bangsa yang besar dari maritim. Implikasi yang cukup significan adalah saat ini SDM maritim Indonesia sangat minim. Hal itu tentunya dapat dilihat dari latar belakang sekolah dan universitas yang memiliki latar belakang maritim. Tergerusnya alur pemikiran maritim mengakibatkan pembangunan Sumber Daya Maritim belum optimal.

SDM maritim harapannya menjadi salah satu langkah awal yang menjadi proritas kebijakkan Kementrian Maritim kedepan. Ketika Indonesia mempunyai SDM yang mumpuni secara otomatis pembangunan kemaritiman akan mampu berjalan dengan optimal. SDM Merupakan hal yang paling krusial dalam melakukan sebuah kebijakkan. Percuma jika pembangunan secara infrastruktur dilakukan dengan optimal namun tidak memiliki SDM yang mumpuni untuk mampu menjalankan berbagai infrastruktur yang ada. 

Selain itu yang perlu digaris bawahi dalam pembangunan SDM adalah adalah penanaman ideology maritim yang harus ditanamkan dalam setiap masyarakat. Agar nantinya ketika sebuah kebijakkan diturunkan masyarakat akan ikut dalam membantu mensosialisasikan.  Mengembalikan karakter maritim kepada elemen masyarakat merupakan sebuah langkah awal membangun kekuatan Maritim Indonesia. Kementrian Maritim harapannya bukan sekedar simbol kebangkitan maritim namun dapat menjadi sebuah sarana awal kebangkitan Maritim Indonesia. 

Semangat Pemuda ,Semangat Maritim Indonesia
Ahlan Zulfakhri (Sekjen APMI)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply