Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Pemkab Dorong Masyarakat Budidaya Rumput Laut

Pemkab Dorong Masyarakat Budidaya Rumput Laut
Pemuda Maritim - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) terus mendorong masyarakat untuk membudidayakan rumput laut yang dinilai memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian.
"Rumput laut ini memiliki prospek ekonomi bagi masyarakat pesisir, potensi itu ada di laut Sungaiselan dengan luas lahan mencapai ratusan hektare untuk lokasi pembudidayaan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bateng, Dedy Muchiyat, Rabu (11/3).

Ia menjelaskan saat ini terdata sekitar 100 pembudi daya rumput laut di Sungaiselan dan pihaknya sedang mencari pelaku usaha yang bisa menyediakan gudang penyimpanan. "Kami sedang mencari mereka yang menyediakan gudang sementara sebagai penampungan rumput laut sebelum dilepas ke pasaran," ujarnya.
Menurut dia, potensi rumput laut di Sungaiselan sangat luar biasa jika digarap dengan benar karena kondisi lautnya bagus dan memiliki lahan yang luas. "Potensinya mencapai ratusan ton, ini prosfek yang sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pihaknya akan menyediakan bibit untuk pembudidaya rumput laut tersebut dan melakukan pembinaan untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. "Jika masyarakat benar-benar fokus dan serius mengembangkan tanaman rumput laut, maka bisa menjadi sumber pendapatan untuk meningkat kesejahteraan," ujarnya.
Ia mengatakan, DKP Bangka Tengah terus melihat potensi kelautan dan dikembangkan sebagai kekayaan alam laut untuk kesejahteraan masyarakat. "Terutama pemberdayaan masyarakat pesisir yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, di antaranya menyalurkan bantuan alat tangkap dan industri pengolahan ikan," ujarnya.(ant/rb)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply