Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Berdayakan Masyarakat Semarang APMI Buat Inovasi dari Bandeng

Pemuda Maritim - Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan seharusnya dibangun dengan harapan mampu menciptakan kemandirian untuk membangun unit usaha. Hal tersebut dilakukan agar kemandirian masyarakat mampu ditumbuhkan dengan program tersebut.
Berlokasi di dusun tapak kelurahan Tugu rejo APMI bersama dengan masyarakat mencoba melakukan kolaborasi untuk membuat produksi makanan dari bahan dasar ikan bandeng. Ikan bandeng merupakan makanan khas semarang yang menjadi oleh-oleh wajib jika mampir ke semarang.
Ketua bidang pemberdayaan masyarakat APMI Enra Riesti menyampaikan “ bahwa pemberdayaan masyarakat desa tapak akan difokuskan pada produksi bandeng”
“Sampai saat ini yang terkenal dari semarang adalah bandeng prestonya, namun defrensiasi produk bandeng sebenarnya banyak mulai dari abon, otak-otak, ikan crispi dan lain sebagainya. Inovasi itulah yang sedang kami upayakan untuk terus dikembangkan”, ungkap Enra
Enra menjelaskan “saat ini produksi bandeng satu hari diwilayah desa tapak mencapai 10Kg perhari. Biasanya hasil tersebut digunakan untuk bahan baku produksi abon, ikan presto dan otak-otak”.
“Sampai saat ini proses produksi masih menggunakan peralatan yang sederhana. Kami menggunakan spiner pemanfaatan dari mesin cuci yg rusak dan pengeringnya namun ternyata belum maksimal abon hanya sebulan.”

“Kami dari APMI akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahterakan masyarakat desa tapak semarang dengan membantu produski dan pemasarannya. Sekaligus sebagai wujud peran pemuda maritim untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tutup enra

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply