Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Peringati Sumpah Pemuda APMI Keluarkan Buku Gagasan Kritis Pemuda Maritim

PemudaMaritim-Sumpah pemuda merupakan sebuah awal kebangkitan Indonesia untuk melawan penajajahan. Di tengah penjajahan colonial belanda yang sudah berlangsung cukup lama pada 27-28 oktober 1928 perwakilan pemuda berkumpul pada kongres pemuda II dijakarta. Keputusan kongres menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia. Dari kongres yang menghasilkan sumpah pemuda itulah perlawanan terhadap kolonial belanda secara terstruktur mulai digalakan.
Visi besar maritim indonesia menjadi poros maritim dunia merupakan sebuah cita dan upaya membangun indonesia sebagai kekuatan maritim dunia. Konsepsi Tol Laut yang menjadi program utama pemerintah menjadi tulang pungung sekaligus parameter visi indonesia menjadi negara maritim. Meskipun secara rasional untuk mewujudkan upaya tersebut memerlukan waktu yang cukup lama namun, signal kebangkitan indonesia sebagai poros maritim dunia harus mulai digalakan oleh seluruh masyarakat indonesia, tidak terkecuali pemuda.
Ketua Tim penyusun Buku gagasan Maritim Kaisar Akhir menyampaikan “peran pemuda sangat diharapkan dalam pembangunan maritim yang saat ini sedang digalakan. Kekosongan gagasan secara umum mapun secara khusus di bidang maritim harus mampu diisi oleh pemuda.”
“Gagasan dan ide mengenai pembangunan kemaritiman indonesia bertebaran dari sabang sampai merauke, sayangnya gagasan tersebut tidak mampu didokumentasikan secara terstruktur, sebagai sebuah ide dan gagasan untuk mendorong pemerintah melakukan pembangunan maritim indonesia secara substansial,” ujar Kaisar
Sekjen APMI Ahlan Zulfakhri juga menyampaikan “Buku gagasan pemuda maritim merupakan sebuah upaya mengisi kekosongan gagasan pemuda. Berangkat dari sebuah latar belakang bahwa soekarno saat ini tetap hidup meskipun jasadnya sudah mati karena buku yang cukup fenomenal dibawah bendera revoluasi jilid I dan II. Sama halnya dengan soekarno begitupun Tan Malaka yang banyak mengeluarkan gagasan fenomenal untuk pembangunan bangsa ini, salahsatunya adalah madilog Tan Malaka. “
“Dari situlah akhirnya mampu lahir sebuah gagasan besar Pancasila yang sampai saat ini menjadi latar bekalang bangsa indonesia mampu terikat menajadi satu,” ujar Ahlan
Ahlan menyampaikan “dari latarbelakang tersebutlah APMI mencoba menyusun puzzle gagasan yang datang dari kawan-kawan pemuda indonesia untuk memberikan sumbangsih terhadap pembangunan maritim Indonesia”
“28 gagasan yang dikumpulkan merupakan sebuah representasi bahwa pemuda indonesia masih memiliki jiwa dan semangat juang untuk mengeluarkan gagasan, khususnya dalam pembangunan maritim. Harapannya dari gagasan yang saat ini dikeluarkan menjadi buku perdana APMI bersama kawan-kawan maritim indonesia menjadi sebuah awal kebangkitan maritim Indonesia.”

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply