Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Seekor Hiu Kembali Tersangkut Jaring Nelayan


Seekor hiu kembali tersangkut jaring nelayan Kenjeran. Hiu yang sudah dalam keadaan mati tersebut ditarik para nelayan dan didamparkan di kampung Nambangan.

"Kena sangkut jaringnya pak Anshori tadi pagi jam 07.00 WIB," ujar salah seorang nelayan, Abdul Hamid,   Minggu (25/10/2015).

Hamdi mengatakan, Anshori dan rekan-rekannya berangkat mencari ikan dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB. Anshori kemudian menebar jaring di Perairan Kenjeran atau sekitar dua mil dari daratan.

Dan pagi hari saat mengecek hasil tangkapan, Anshori kaget karena ada hiu yang tersangkut di jaringnya. Karena ikan terbesar di dunia laut itu berusaha membebaskan diri, maka jaring Anshori koyak.

"Hiu itu kemudian ditarik ke daratan oleh tujuh perahu," kata Hamid.

Dibanding hiu paus yang tersangkut jaring nelayan, Senin (12/10) kemarin, hiu yang ini lebih pendek tetapi badannya lebih besar.

"Yang kemarin kan sekitar 7 meter, yang ini panjangnya 6 meter tetapi lebih gemuk. Beratnya mungkin sama sekitar 2 ton. Kalau yang kemarin jantan, kalau yang ini betina," pungkas Hamid.

Sementara pengawas perikanan dari Dinas Pertanian Maftuhin mengatakan terdamparnya hiu paus ini setiap tahun pasti terjadi. Dan penemuan ikan yang juga disebut geger lintang ini terjadi sekitar bulan September-Oktober.

"Untuk tahun ini sampai bulan Oktober ada dua hiu paus yang terdampar atau tersangkut jaring nelayan," ujar Maftuhin.

Maftuhin mengira bahwa hiu paus ini terpisah dari kawanannya dan tak bisa bergabung lagi sehingga tersangkut jaring nelayan. Hiu paus dikatakan Maftuhin setiap tahunnya selalu bermigrasi dari Perairan Australia menuju Perairan Probolinggo dan Pasuruan yang terdapat lebih banyak makanannya yakni plankton.

"Penemuan hiu ini sudah kami laporkan ke Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSL)," tandas Hamid.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply