Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Sumpah Pemuda APMI Ajak Pemuda Berani Sampaikan Gagasan

PemudaMaritim - Pembangunan maritim Indonesia baru akan berlangsung, meskipun sudah hampir satu tahun berjalan proses pembangunan maritim masih membutuhkan banyak masukan dan gagasan dari berbagai pihak tidak terkecuali pemuda. Jika kita melihat bagaimana pembangunan maritim Indonesia, tentunya sangat kompleks dan tidak akan mungkin mampu indonesia menjadi kektauan maritim dunia dalam jangka waktu 5-10 tahun kedepan. Hal tersebut dilihat dari latar belakang perlunya mengubah tatanan masyarakat yang hampir selama lima dekade berorientasi kedarat saat ini harus di dorong kelaut.
Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah, karena pembangunan maritim bukan hanya dari segi infrastruktur melainkan juga dari segi SDM. Pembangunan infrastruktur mungkin akan terlihat parameternya namun, bagaimana dengan pembangunan SDM maritim yang saat ini ada di Indonesia? Jika kita lihat indonesia yang sangat luas harus mampu mengakomodir semua potensi SDM yang ada di Indonesia, agar pembangunan dapat berjalan secara substansial.
Melihat hal tersebut dalam rangka memperingati sumpah pemuda APMI melalui Renaldi Bahri T selaku ketua umum juga menyampaikan” Bahwa pembangunan maritim indonesia perlu didukung dengan gagasan para pemuda, sebagai sebuah dukungan pemikiran. Meskipun gagasan tersebut sederhana namun, yang paling penting dari sebuah gagasan adalah datang dari sebuah keresahan yang terjadi pada lingkungkungan sekitar khususnya dalam upaya mendukung pembangunan maritim indonesia”.
Selain itu Renaldi juga menambahkan, bahwa saat ini indonesia memiliki ruang kosong dalam konteks gagasan kebangsaan, hal tersebut dapat terlihat dengan lebih banyaknya buku-buku motivasi dibandingkan buku gagasan.
“Padahal jika kita melihat soekrno mengapa sampai saat ini masih hidup karena gagasannya yang tertuang dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi”, ujar mahasiswa S2 IPB
Renaldi menambahkan “Inilah yang membuat APMI dalam rangka sumpah pemuda mencoba mengajak sekaligus memantik kaum muda untuk bisa mendokumentasikan gagasannya dengan mengeluarkan buku 28 Gagasan Kritis Pemuda Maritim”.
“Ini adalah upaya sederhana yang APMI lakukan untuk mampu membangkitkan sikap kritis pemuda khususnya para pemuda yang memiliki kepedulian terhadap maritim, dan seluruh pemuda indonesia pada umumnya”, pungkas Renaldi
Buku yang berisi kumpulan artikel yang dibuat secara popular tersebut merupakan gabungan pemikiran dari kawan-kawan seluruh indonesia bukan hanya APMI. Buku tersebut dapat menjadi representasi gagasan sekaligus pemikiran pemuda maritim untuk dapat membangun maritim dari berbagai bidang.
Renaldi menambahkan “buku tersebut bukan hanya berisikan gagasan kawan-kawan yang memiliki latar belakang maritim melainkan kawan-kawan dari berbagai jurusan mulai dari sastra inggris sampai pendidikan agama”
“Inilah yang dinamanakan penanaman nilai kemaritiman bukan hanya di doroang oleh mereka yang memiliki latar belakang keilmuan maritim, melainkan seluruh elemen masyarakat indonesia harus mampu mewujudkan indonesia sebagai kekuatan maritim dunia”, pungkas Renaldi
Renaldi berharap kedepan buku ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan”
Ia mengungkapkan “buku ini sekaligus menjadi awal APMI akan terus mendorong pemuda untuk ikut berkontribusi dalam menyampaikan gagasannya secara terstruktur.”
“Semoga upaya sederhana yang APMI lakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak”, tutup Renaldi


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply