Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Meriah, Nelayan Kertojayan Gelar Sedekah Laut

Pemuda Maritim - Nelayan TPI Desa Kertojayan Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo menggelar sedekah laut, Minggu (8/11). Kurang lebih sepuluh ribu warga Kabupaten Purworejo dan Kebumen memadati acara itu.

Kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahun sejak 2010. "Kami mengadakan sedekah laut sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas keselamatan dan rezeki hasil tangkapan yang banyak dari pantai selatan," tutur Marsono, ketua panitia sedekah laut Kertojayan, kepada KRjogja.com.

Biaya penyelenggaran kegiatan itu ditanggung seratusan nelayan yang mengoperasikan 26 perahu di TPI Desa Kertojayan. Mereka menyisihkan hasil tangkapan dan setiap perahu menyumbang uang Rp 800 ribu.

Tradisi itu diawali dengan pembuatan sesaji dan menghias perahu dengan jajan pasar sehari sebelum larungan. Sesepuh desa memanjatkan doa dan meminta berkah dari Tuhan serta penguasa laut selatan sehingga diberi kemudahan dan rezeki ketika melaut. "Dilanjutkan larungan, kebetulan ketika perahu turun, ombak begitu tinggi. Perjuangan nelayan menerjang ombak menjadi atraksi menarik," terangnya.

Perahu nelayan berisi jajanan pasar yang kembali dari larungan, lanjutnya, ditunggu ribuan pengunjung. "Mereka berebut jajanan karena percaya makanan itu mengandung berkah," ucapnya.
Sumber : krjogja.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply