Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nahkoda Kapal Nelayan Bangka Tengah Dibekali Sertifikat

Pemuda Maritim - Para nakhoda kapal nelayan di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dibekali sertifikat untuk mengoperasikan kapal berukuran di atas 10 GT.

"Sertifikasi ini untuk membantu nakhoda dan masinis mendapatkan legitimasi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Deddi Muchdiyat, di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah akan mengumpulkan para nakhoda kapal nelayan untuk mengikuti pelatihan yang bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Kota Medan.

"Para nakhoda kapal nelayan tersebut akan dibekali ilmu pengetahuan selama mengikuti pelatihan dan dikeluarkan sertifikat sebagai nakhoda profesional," katanya.

Ia mengatakan, sertifikat ini penting bagi nelayan dan sebelum melaut mereka mendapatkan pemahaman terhadap pentingnya mengantongi sertifikasi.

"Kalau bagi pengendara sepeda motor berbentuk SIM dan bagi para nakhoda nelayan adalah sertifikat layak mengoperasikan atau surat keterangan kecakapan," ujarnya.

Menurut dia, sertifikat tersebut juga bentuk legalitas para nakhoda kapal saat melaut terutama mereka yang membawa kapal nelayan berukuran besar.

"Sertifikasi bagi nakhoda kapal nelayan juga sangat penting, apalagi ke depan nelayan diarahkan menggunakan kapal ikan berukuran besar," ujarnya.

Dengan adanya sertifikasi ini, kata dia, para nelayan akan mempunyai izin bila melakukan perjalanan jauh mengoperasikan kapal berukuran besar.

"Dengan jauhnya daya jelajah nelayan dalam menangkap ikan, maka besar kemungkinan hasil tangkapannya lebih banyak," katanya.
Sumber : beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply