Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Meriahkan Lomba Perahu Tradisional

Pemuda Maritim - Para nelayan yang biasa menangkap ikan di seputaran Danau Laut Tawar ikut memeriahkan lomba perahu tradisional yang digelar dengan total hadiah Rp 20 juta. Lomba dibagi dalam tiga kategori, tingkat anak-anak/remaja sebanyak 17 tim, dewasa 32 tim dan tarik tambang perahu 8 tim.

57 Tim itu mengikuti lomba dayung tradisional dan tarik tambang perahu Gayo di pesisir pantai Danau Lut Tawar, kawasan Rawe, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah pada Minggu (22/11). Kegiatan terselenggara atas dukungan Dinass Pemuda dan Olahraga Aceh.

Ketua pelaksana lomba dari Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh Tengah, Muhammad Ibnu Akbar, Senin (23/11) mengatakan lomba sehari penuh itu berjalan sukses, berkat dukungan masyarakat, dan Muspika Lut Tawar.

Disampaikan, kegiatan juga didukung oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indoensia (PODSI) dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI).

Sementara, anggota Dewan Perwakilan Rakya Aceh (DPRA) Adam Mukhlis ketika menutup acara lomba perahu menyebutkan bangsa- bangsa yang besar dan maju selalu memperhatikan olah raga, selain kemajuan bidang pendidikan, ekonomi dan pembangunan.

“Even ini, untuk menumbuhkan potensi olahraga, khususnya olahraga tradisional di Gayo,” kata Adam Muklis. Disebutkan, langkah maju yang dilakukan oleh FORMI maupun kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh cabang olah raga lainnya, perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

Dia mencontohkan, seperti Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) dengan cara mengagendakan kegiatan olah raga. “Pemerintah pusat dan provinsi di seluruh Indonesia telah membuka ruang terhadap kegiatan masyarakat yang berbasis olahraga tradisional,” ujarnya.

Dia menambahkan hal itu guna menumbuhkan daya saing untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang sudah di depan mata. Sedangkan kegiatan lomba berlangsung meriah lantaran sebagian besar peserta umumnya para nelayan yang biasa menangkap ikan di danau tersebut.

Suasana tegang dan mengundang gelak tawa pengunjung saat peserta berpacu mendayung perahu. Tak terkecuali, Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Rachmawan, dua anggota DPRA Adam Mukhlis dan Iberamsah, Ketua KONI Aceh Tengah, Zulkifli, ikut menyaksikan lomba tersebut.

Masih di hari yang sama, juga dilaksanakan even sepeda santai yang diikuti ribuan warga. Ajang Takengon Fun Bike juga diikuti oleh Anggota DPR, Adam Mukhlis dan sejumlah anggota Forkopimda. Panitia menyediakan hadiah door prize menarik yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh beserta Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh Tengah.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply