Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Peringatan HUT Marinir ke-70, Kebersamaan Bangun Poros Maritim

Pemuda Maritim - Peringatan HUT Korps Marinir ke-70 yang bertema ‘Kuat Bersama Rakyat Berkarakter Maritim’ yang dihadiri oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dan para petinggi Marinir serta sesepuh TNI AL berlangsung meriah di lapangan Apel Ksatrian Hartono, Cilandak, Jakarta, 15/11/15.

Kasal yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan tersebut pada sambutannya menyatakan bahwa Korps Marinir TNI AL telah melakukan konsistensi untuk mewujudkan visi presiden poros maritim dunia.

‘Dengan ‘Semangat Ayo Kerja’ sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Bapak Presiden dalam mencapai Indonesia sebagai poros maritim dunia, Korps Marinir di usianya yang ke-70 ini semakin matang bersama rakyat yang akan berguna untuk mengembalikan kejayaan maritim bangsa Indonesia,” ujar Kasal.

Beberapa program yang sudah dilakukan oleh Korps Baret Ungu tersebut ialah dalam rangka pencapaian itu ialah adanya Gerakan Nasional sebagai trigger untuk melestarikan kekayaan laut Indonesia melalui program Save Our Littoral Life (SOLL). Program itu dilaksanakan di 51 titik dari Sabang hingga Merauke yang turut mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo dan Menko Maritim Rizal Ramli serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Selanjutnya, Kasal menerangkan bahwa peringatan HUT ke-70 Pasukan TNI AL Pendarat dan Petarung  ini berbeda dengan peringatan-peringatan sebelumnya. Di mana pada kali ini ditampilkan berbagai parade sesuai dengan fungsinya masing-masing.

“Di usianya yang semakin matang ini saya sudah meminta kepada Dankormar agar peringatan kali ini dibedakan dengan menampilkan fungsi-fungsi pasukan yang ada di Korps Marinir,” tambahnya.

Selain dengan SOLL, korps bermotto Jalesu Bhumyamca Jayamahe ini juga telah melakukan beberpa kegiatan untuk mendukung tercapainya poros maritim dunia dan sepak terjangnya dalam mempertahankan NKRI di antranya Pendakian Cartenz Pyramide pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2015 lalu serta kegiatan-kegiatan sosial seperti Pengobatan Gratis, Donor Darah, Kirab Prajurit dan Kendaraan Tempur Marinir dan sebagainya.

Upacara Peringatan HUT ke-70 yang dipimpin oleh Kolonel TNI (Mar) Werijon yang sehari-hari menjabat sebagai Danbrigif-3 Lampung itu diiringi pula dengan atraksi unjuk kebolehan dari Personel Marinir di antaranya Kolaborasi Wushu, Free Fall Gabungan, Defile Tank BMP-3F, dan Ranpur Marinir.

Tidak kalah menariknya, penampilan Kolone Senapan Marinir Junior yang dibawakan oleh anak-anak SD di sekitar lingkungan Marinir yang menyedot perhatian para tamu undangan dan pengunjung. Mereka sangat terhibur saat melihat kelihaian anak-anak SD dalam baris-berbaris dan memainkan senapan.

Di akhir acara, korps yang dahulu bernama Korps Komando Operasi (KKO) Angkatan Laut itu juga memberikan penghargaan kepada personel berprestasi serta pihak-pihak yang telah membantu jalannya rangkaian kegiatan Marinir dalam perwujudan poros maritim dunia.
Sumber : jurnalmaritim.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply