Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Peserta Pelayaran Arsa Diberikan Pengetahuan Dasar Kapal Layar

PemudaMaritim-Pra Pelayaran ARSA rencananya akan digelar hingga tanggal 19 November mendatang. Materi yang sudah dipersiapkan panitia gabungan yakni Kemenkomaritim, TNI AL, dan APMI mengenai kebangsaan, fisik dan teknik pelayaran. Tentunya pra pelayaran tersebut dilaksanakan agar kedepan para peserta pelayaran ARSA dalam rangka hari nusantara diaceh memiliki bekal yang cukup baik dari segi wawasan, fisik dan tentunya teknik pelayaran.

Dalam mempersiapkan para pelayaran tersebut tidak tangung-tangung TNI AL langsung menurunkan personilnya yakni Koptu Supardi yang langsung menjadi instruktur para peserta. Dibantu kawan-kawan APMI Koptu Suradi memberikan materi pengetahuan teknik pelayaran. Dalam materi pertama Koptu Suradi menyampaikan pengetahuan mengenai jenis kapal layar dan tali telamali.

Koptu Suradi menjelaskan pertama “Topsail Schooner, merupakan kapal layar yang memiliki dua tiang layar atau lebih yang dimana biasanya tiang depan lebih pendek atau sama dengan tiang layar belakang. Layar pada kapal tipe ini umumnya biasa diputar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan angin. Sebutan Topsail  karena pada umumnya di tiang layar atas depan dipasang layar persegi”

“Selanjutnya adalah kapal layar jenis Barque, umumnya kapal ini menggunakan tiga tiang layar yang dimana tiang pertama dan tiang kedua kapal menggunakan layar persegi. Sedangkan tiang belakang menggunakan layar yang bisa diputar atau gaffsail”, tambah Koptu Suradi

Koptu Suradi menambahkan “Terakhir adalah kapal layar jenis Brigantine, kapal ini hanya memiliki dua tiang layar yang dimana tiang layar depan menggunakan layar persegi dan tiang layar belakang menggunakan layar yang bisa diputar atau gaffsail”

Selanjutnya untuk materi tali-menali menyampaikan bahwa ada 12 jenis tali berdasarkan bahannya yakni:
1. Manila
2. Nylon
3. Sisal
4. Coir atau serabut kelapa
5. Hemp atau hennep
6. Jute
7. Flax
8. Cotton
9. Polyester
10. Polypropylene
11. Polythene
12. Terylene

Kemudian dilanjutkan untuk nama-nama tali tambat kapal yakni terdiri dari enam jenis
1. Head line
2. Forward breast line
3. Forward spring
4. Aft spring line
5. Aft breast line
6. Stern line

Selanjutnya setelah pemberian materi selesai dilakukan sesi diskusi mengenai kesiapan perlengakapan yang sudah dibawa oleh masing-masing peserta. Acara di tutup dengan meneriakan yel-yel dan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply