Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pra Pelayaran ARSA Resmi Dibuka


PemudaMaritimMinggu (15/11) Pra Pelayaran resmi dibuka oleh Deputi IV Kemenkomaritim dan SD Bidang Kordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Dr Safri Burhanuddin, DEA.  Agenda yang berlokasi di wisma UNJ bilangan Jakarta timur sudah mulai ramai semenjak pagi. Pasalnya peserta pelayaran Arsa dalam rangka memperingati Hari Nusantara di aceh sudah mulai berdatangan semenjak sehari sebelumnya dan pukul 12.00 peserta sudah diharuskan hadir di wisma UNJ karena akan mengikuti agenda pembukaan Pra Pelayaran Arsa.
Dalam sambutan pembukaan yang disampaikan Dr Safri Burhanuddin, menceritakan mengenai pengalamannya menaiki kapal ikan tongkol beberapa tahun silam. Ia menceritakan bahwa pernah mengalami terjanga ombak 4-5 meter dilaut flores yang memiliki kedalam sekitar 4000 meter. Ia juga sempat menanyakan latar belakang pendidikan masing-masing peserta, sekaligus menekankan bahwa apapun latar belakang peserta nanti diatas kapal ditanggalkan dahulu.
Sambil mencaikan suasana Dr Safri menyampaikan“ diatas kapal Jika ingin muntah ya muntahkan saja biar menjadi pengalaman, kalian bukan naik kapal sembarangan KR Arsa memiliki nilai histori yang cukup tinggi, karena merupakan Kapal Layar Tiang Tinggi (Tallship) yang biasa digunakan sebagai kapal latih TNI AL”
“Diatas kapal kalian harus memegang norma-norma, kerjasama, tengang rasa, dan nilai-nilai kebersamaan. Harapannya pasca pelayaran Arsa ini kalian bisa menularkan semagat kemaritiman pemuda di daerah masing-masing”, tambah pak safri
Selain itu penagung jawab acara pra pelayaran dan pelayaran Kemenkomaritim dan SD Dr TB. Haeru Rahayu juga menyampaikan laporan pertangung jawaban panitia secara umum mengenai jumlah peserta dan asal wilayah.
Selanjutnya Ketua APMI Renaldi Bahri Tambunan, Skel menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus menyampaikan yel-yel untuk pesert yakni, Indonesia Jaya!
“Total pendaftar pelayaran Arsa mencapai 300 lebih”, ujar Ketua Panitia Aditya Brahmana.  
Adit melanjutkan “Peserta terpilih sejumlah 14 orang yang diseleksi melalui APMI dan Kemenkomaritim dan SD beberapa waktu lalu, terdiri dari berbagai wilayah mulai dari Kepri sampai Maluku Utara”.
Agenda dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari Capt Gita selaku instruktur kapal dewa ruci, dan kapal-kapal latih TNI AL yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak mengenai kapal latih terutama Tallship.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply