Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Tangkapan Nelayan Melimpah, Harga Ikan Turun

Hukum ekonomi berlaku juga buat nelayan. Saat tangkapan melimpah, harga ikan pun ambrol. Sayangnya, biaya operasional tetap sama. Bahkan, dibanding dengan hasil yang diperoleh nelayan pun mengeluh. Kesannya percuma, perolehan naik, penghasilan tetap minim. Airin Fitriansyah, SINGKAWANG

KAMIS (26/11) pagi di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Nelayan di sana baru pulang melaut dan langsung ‘’melego’’ penghasilan mereka ke pengepul. Atau, sebagian membawanya ke pasar.Sayang, harganya murah. Padahal, jenis ikan di jual dengan harga bervariasi di kalangan tengkulak.

"Pasaran ikan sekarang lagi murah. Tidak sesuai dengan biaya pengeluaran. Belum lagi solar mahal untuk berangkat melaut," ucap Dedi, seorang nelayan Karimunting kepada Pontianak Post.Dia mengatakan memasuki musim ikan harga turun sudah biasa. Hal tersebut dikarenakan tingkat pemasaran ikan lemah. Sehingga jenis ikan mengalami ketidakstabilan harga di pasaran. Ia menyampaikan harga ikan jenis biasa dijual di kalangan tengkulak Rp 6ribu per kilogram.

Sedangkan jenis ikan kualitas baik mencapai harga Rp 20ribu perkilogram. Semua hasil tangkapan ikan nelayan tersebut di jual langsung kepada tengkulak."Hasil tangkapan ikan langsung dijual kepada pengepul yang datang kepada nelayan. Sehingga jenis ikan di beli dengan harga bervariasi," ungkapnya saat membersihkan motor ikan dari melaut.

Di tempat yang sama nelayan tradisional Paol (38) menambahkan selama ini perhatian pemerintah kepada nelayan masih kurang merata. Adapun bantuan nelayan diberikan kepada kelompok tertentu. Sedangkan nelayan yang tidak memiliki kelompok tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah daerah."Selama ini kami belum membentuk kelompok nelayan. Jadi tidak pernah mendapat binaan ataupun bantuan baik alat tangkap nelayan. Seperti pukat ataupun perahu nelayan," papar ayah satu anak tersebut.

Dia menyatakan bantuan alat tangkap nelayan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Ini karena hasil tangkapan nelayan selama ini belum maksimal. Sehingga dibutuhkan alat tangkap yang memadai dan berkualitas terbaik.Ia mengharapkan pada tahun anggaran 2016, bantuan pemerintah terkait untuk alat tangkap dan perahu nelayan bisa disalurkan kepada nelayan kurang mampu. Sehingga hasil tangkapan nelayan kurang mampu tersebut bisa meningkat dan menompang kehidupan keluarga.   "Jika ada bantuan alat tangkap untuk nelayan kami minta disalurkan tepat sasaran. Supaya bantuan alat tangkap ikan benar-benar bermanfaat bagi nelayan pinggiran," imbuhnya sembari memilih hasil tangkapan ikan dari melaut.
Sumber : pontianakpost.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply