Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » TNI AL Menambah Doktor Di Bidang Hukum

PemudaMaritim-Jakarta , Ujian Promosi Doktor Bidang Hukum Universitas Jayabaya menggenapi langkah Laksmana Muda Surya Wiranto mencapai gelar Doktor. Dengan mengangkat Disertasi “Resolusi Konflik Menghadapi Sengketa Laut Tiongkok Selatan Dari Perspektif Hukum Internasional Dalam Rangka Kepentingan Nasional” dan dinyatakan Lulus dengan Predikat Cum LaudeSebagai Promotor Prof. Hikmahanto Juwana SH,LLM,Ph.D,. Prof. ir. Sobar Sutisna, M. Surv. Sc, Ph.D., Kresno Buntoro SH,LLM,Ph.D.
Dalam kesempatan kali ini tim penguji hadir yaitu Prof. H. Amir Santoso, M. Soc, Sc, Ph.D , Prof. DR. H. R. T. Sri Soemantri., SH., Letjen TNI (Purn) DR. Syarifuddin Tippe, M.Si., Prof. DR. Teguh Prasetyo, SH,M.Si., Prof. DR. JH.Sinaulan,SH, M.Ag,M.Sc.
Dinyatakan dalam Ringkasan disertasinya  bahwa , Resolusi konflik terhadap sengketa wilayah maritime ini dapat diselesaikan secara hukum, baik hukum nasional, perjanjian bilateral, maupun hukum internasional serta upaya confidence building measures(CMBs). Penyelesaian secara hukum dapat dilakukan dengan cara bilateral, multilateral, arbitrase, hingga ke mahkamah Internasional. Sedangkan penyelesaian secara CMBs dilakukan dengan cara dialog diberbagai forum dengan menggunakan formula 6+4+2 atau 6+4+1, dan melalui kerjasama survey dan penelitian dibidang kemaritiman.
Dalam paparannya, Laksda Surya Wiranto menambahkan Pemerintah Indonesia tidak cukup hanya menjadi mediator dalam konflik laut tiongkok selatan. Pemerintah harus tegas dalam menentukan sikap sebagai negara pengklaim terhadap perairan Indonesia dan perairan yurisdiksi Indonesia dengan mendepositkan peta NKRI dan kordinat batas – batas maritim perairan dan perairan yurisdiksi ke Sekjen PBB. Dalam membangun kedaulatan Maritim, Pemerintah Indonesia tidak cukup dengan pembangunan fisik(mercusuar,pelabuhan,dll) tetapi juga dengan pembangunan non Fisik, contohnya Hukum.
Turut Hadir dalam Kesempatan yang membanggakan Keluarga Bapak Surya Wiranto, Mantan Menkopolhukam Laksamana (Purn) Tedjo Edhi, kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc. serta rekan – rekan TNI AL .

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply