Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Beasiswa Maritim Terbuka Lebar, APMI Ajak Pemuda Siapkan Diri

PemudaMaritim-Konsep Tol Laut dengan pembangunan infrastruktur dan segala komponen pendukung di bidang maritim adalah agenda pemerintah dalam tahap 5 tahun ini. Dalam kurun waktu dekat ini dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak untuk benar – benar merealisasikan pembangunan dalam bidang maritim itu sendiri. Tidak hanya dari pihak pemangku usaha dan stakeholders, namun juga dari kalangan mahasiswa dan pemuda maritim yang harus bersinergi untuk menghasilkan karya yang membantu pembangunan bidang maritim itu sendiri.
Dwitya Harist Waskito anggota bidang teknologi kemaritiman APMI menyampaikan “Tentunya kita dapat bicara mengenai bonus demografi yang dikatakan akan menjadi bonus yang didapatkan pada tahun 2020-2030. Dimana pada kurun waktu tersebut usia angkatan kerja di Indonesia (usia 15-64) mencapai 70 persen dari jumlah penduduk keseluruhan, dengan sisa 30 persen bukan merupakan usia produktif kerja.”
“Pertanyaannya adalah sanggupkah negara kita menyiapkan lapangan kerja ataupun fasilitas penelitian untuk memfasilitasi 70 persen penduduk produktif? Jangan sampai bonus demografi menjadi pisau bermata dua yang menyerang negara sendiri”, pungkas tito sapaan akrabnya
Lulusan Teknik Perkapalan UI tersebut juga menambahkan “Sebagai pemuda, kita harus mempersiapkan diri kita menjadi SDM yang mumpuni dalam bidang keilmuan kita yaitu bidang kemaritiman untuk memanfaatkan bonus demografi yang didapatkan. Negara membutuhkan banyak jumlah Magister dan Doktoral yang ahli dalam bidang kemaritiman.
Ia menekankan “Seperti kita ketahui bidang kemaritiman sangat luas mencakupi Perkapalan, Offshore, Maritime Transport, Perikanan, Budidaya Perairan, Hukum Maritim, Renewable Energy dan masih banyak bidang yang bisa dikembangkan di Indonesia. Dengan kemampuan SDM yang baik secara teknikal dan praktikal maka bidang maritim Indonesia mempunyai kualitas pekerja (akademisi, profesional) yang siap bekerja untuk menyokong Indonesia sebagai poros maritim dunia.”
Tito menjelaskan dirinya yang mendapatkan beasiswa LPDP pada juni mendatang disalah satu perguruan terkemuka UK “Banyak kesempatan untuk melanjutkan studi Magister dan Doktoral. Tentu saja yang sudah kita ketahui bersama adalah LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) sebagai lembaga yang bertujuan untuk menyiapkan pemimpin masa depan Indonesia untuk menuju Indonesia emas 2045.”
“Sejalan dengan visi dari program Tol laut itu sendiri dimana menjadikan Indonesia poros maritim dunia di 2045. Diharapkan pada tahun 2045 banyak pemimpin Indonesia dengan wawasan dan keilmuan di bidang maritim sebagai komitmen dan bukti nyata kita sebagai negara maritim,” pungkas peraih Awardee BPI LPDP PK 47
“Terlebih lagi LPDP telah menempatkan bidang Kemaritiman dan Perikanan sebagai tema yang diprioritaskan oleh LPDP. Sebagai pemuda dan calon penggerak kemaritiman tentunya ini adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh kita semua untuk dapat meningkatkan kualitas diri dan memperbanyak hubungan dan relasi dengan pihak maritim Internasional dengan melanjutkan studi keluar ataupun di dalam negeri dan diharapkan nantinya kita akan siap menjadi ujung tombak dari kebangkitan Maritim Indonesia,” tutup Tito
Note : Jika ada yang ingin bertanya mengenai beasiswa LPDP, silahkan menghubungi saya via email

Email : dwityawaskito@gmail.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply