Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Direktur Polair NTT : Pol Air Bermitra Dengan Nelayan

Untuk memaksimalkan fungsi pengamanan wilayah perairan NTT dari ilegal fising maupun aksi bom ikan, Kepolisi Perairan (Polair) Polda NTT menjalin kemitraan dengan para nelayanan dan masyarakat pesisir. Hal ini merupakan salah satu solusi guna mengatasi keterbatasan fasilitas kapal yang dimiliki Polair.

"Saat ini kita memiliki 19 kapal. 18 kapal patroli kecil dan 1 kapal besar tipe C1. 18 kapal patroli kecil ini tidak mampu menjalankan fungsi patroli secara maksimal akibat kecilnya tangki bahan bakar dan keterbatasan SPBU. Tidak hanya itu, jika gelombang tinggi, kapal ini terpaksa berlabu. Oleh karena itu, untuk tetap memaksimalkan fungsi pengawasan kita, kita bermitra dengan para nelayan yang setiap harinya di laut. Mereka mengerti terkait titik koordinat sehingga jika ada kapal asing atau pelaku bom ikan, mereka langsung berkoordinasi dengan pihak kami, sehingga langsung kami amankan," ungkap Direktur Polair Polda NTT, Kombes, Teddy J.S Marbun, Kamis (3/12/2015) di Mako Pol Air Polda NTT.

Ketika disinggung terkait berapa banyak kasus yang telah ditangani oleh Polair sejak Januari hingga Desember, Teddy mengatakan, ada 26 kasus yang ditangani Polair. Lima kasus terkait pelayaran, dua belas kasus perikanan, satu kasus bahan peledak, lima kasus migas dan tiga kasus KUHP.

"Sudah 16 kasus sudah P21, tahap II maupun yang sudah divonis. Sedang 10 kasus masih dalam proses penyelidikan. Memang kebanyakkan kasus yang kita tangani berhubungan dengan pencurian ikan di wilayah perairan kita oleh nelayan asing. Kebanyakan nelayan yang mencuri ini berasal dari Jawa tengah, bali dan sulawesi," tutur pria yang telah setahun lebih memimpin Polair Polda NTT ini.

Kapolda NTT Brigjen Pol Drs. Endang Sunjaya dalam sambutannya tidak menampik keterbatasan kapal yang dimiliki oleh Polair Polda NTT.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keadaan yang kondusif selama penyelenggaraan Pilkada Serentak ini. Kita akan mengerahkan seluruh kekuatan kita untuk menjamin Pilkada berlangsung dengan aman," Tegas Endang.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply