Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Kisah Nelayan Pinggiran Pantai Ancol

Pemuda Maritim - Sudah seminggu belakangan aktivitas 'nelayan pinggiran' di pantai Ancol terganggu setelah ribuan ikan mati secara tiba-tiba.

Meskipun sejumlah pihak telah mengambil sampel air untuk meneliti kandungan air laut, namun sampai saat ini belum ada penjelasan penyebab kematian ikan-ikan di pantai utara Jakarta.

Wawan (24), salah seorang nelayan yang biasanya mencari ikan di sekitar Pantai Ancol, bercerita saat ini dirinya harus mencari ikan sejauh 6 Km dari bibir pantai akibat matinya ribuan ikan secara misterius di kawasan pantai.

Di tempat barunya mencari ikan, kata Wawan, dirinya sempat diterjang angin yang berubah kencang dan ombak pun kian membesar saat dirinya hendak pulang.

"Hari minggu (29 November 2015), pukul 08.00 WIB, saya lagi melaut tiba -tiba ada angin kencang. Saya bersandar, perahu diiket di sana (tiang pancang pembatas area laut lepas) nunggu sampai anginnya reda," ujar wawan kepada Okezone, Selasa 1 Desember 2015.

Ia menjelaskan, suasana di laut yang jaraknya jauh dari pantai sangat berbeda. Lebih menyeramkan karena ombak pun lebih besar. "Lumayan serem apalagi buat yang enggak biasa," tuturnya.

Ia mengatakan, saat itu ada tiga nelayan yang juga sedang mencari ikan sejak malam harinya dan akhirnya menunda pulang ke rumah karena terpaksa bersandar di tiang pancang di tengah laut yang kedalamannya lebih dari 20 meter.

"Ada juga nelayan sama, mereka ngiket juga ke tiang, sekira ada tiga perahu di sana nunggu anginnya reda,"

Ia bersama nelayan lain saat itu, harus menunggu tiga jam hingga akhirnya angin laut mulai bersahabat. "Pulangnya siang, jam 11.00 WIB," terang dia.

Ia berharap, kejadian ikan mati dapat segera teratasi. Pasalnya, sudah seminggu ini ia terpaksa mencari ikan dengan menjah dari pantai saat cuaca mendukung. Jika cuaca tidak bersahabat, ia memilih menunggu karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Yang penting jangan ada limbah. Ikan-ikan pada mati, kerang-kerang pada mati soalnya jadi susah (cari ikan)," tutupnya.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply