Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Jatimalang Panen Ikan

Musim ikan membawa berkah tersendiri bagi nelayan yang ada di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi. Sejak sepekan terakhir hasil tangkapan ikan meningkat tajam. Semua perahu sebanyak 26 unit pun diterjunkan nelayan ke laut.

Datangnya musim ikan tersebut dapat mengobati kekecewaan nelayan yang mengalami paceklik ikan selama lima bulan pada musim kemarau lalu. Petugas TPI Jatimalang, Sito (35) mengatakan, kondisi cuaca sangat mendukung nelayan dalam mencari ikan. Jenis ikan yang banyak ditangkap nelayan diantaranya layur, bawal, dan botok. Setiap hari nelayan mampu mendapatkan penghasilan ratusan ribu rupiah atau lebih banyak dari sebelumnya. “Sekarang hasil tangkapan ikan mulai meningkat,” katanya, Senin (21/12). 

Dia menjelaskan, musim ikan tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga Maret 2016. Dalam kurun waktu tersebut nelayan bisa mengoptimalkan tangkapan ikan di laut. Ikan-ikan tersebut biasanya dijual ke pedagang Purworejo, Yogyakarta, dan Cilacap dengan harga yang bervariasi. Harga Naik “Saat ini harga ikan yang mengalami kenaikan yakni layur seharga Rp 37.000 dari harga sebelumnya Rp 30.000 per kilogram. Ikan bawal juga naik, yakni dari harga Rp 270.000 menjadi Rp 280.000 per kilogram,” jelasnya. 

Salah satu nelayan, Supriyadi (37) mengatakan, Jatimalang merupakan TPI terbesar yang ada di Purworejo. Terdapat ratusan nelayan yang menggantungkan hidup di TPI tersebut. Sejak musim ikan datang, hampir seluruh nelayan turun ke laut untuk menangkap ikan. Pada saat paceklik ikan, sebagian nelayan memilih alih profesi menjadi buruh tani. “Alhamdulillah musim ikan telah datang, nelayan dapat kembali melaut,” ujarnya. 
Sumber :  suaramerdeka.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply