Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Keluhkan Ketinggian Ombak Capai 5 Meter

Para nelayan di pesisir Kota Bengkulu mengeluhkan ketinggian gelombang di perairan wilayah itu yang mencapai lima meter sehingga membuat hasil tangkapan tidak memadai.

"Padahal saat ini sedang musim ikan, tapi gelombang sangat tinggi jadi hasil tangkapan tidak memuaskan," kata Refiansyah, nelayan Pasar Bengkulu di Bengkulu, Senin, (21/12/2015).

Ia mengatakan bahwa tinggi gelombang yang mencapai tiga hingga lima meter terjadi di wilayah perairan Pulau Tikus, sehingga para nelayan hanya mencari ikan di tepi laut.

Para nelayan yang sebagian besar menggunakan perahu kecil dan alat tangkap tradisional membuat mereka tidak berani melaut hingga ke tengah samudera. Sebab, bila dipaksakan dapat merusak perahu sekaligus membahayakan keselamatan jiwa.

"Kami hanya melaut di pinggir karena kalau makin ke tengah, gelombang semakin tinggi," ujarnya.

Menurut dia, gelombang tinggi di perairan Bengkulu diakibatkan angin kencang yang melanda wilayah pesisir itu.

Selama musim hujan mengguyur wilayah Bengkulu menurutnya, kecepatan angin selalu di atas rata-rata sehingga menimbulkan badai dan gelombang tinggi.

"Kami biasanya berangkat subuh lalu pagi sudah kembali ke darat karena hanya melaut di tepi," katanya.

Sementara Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sudiyanto mengatakan kecepatan angin di wilayah perairan Bengkulu memang berada di atas rata-rata.

"Kami sudah merilis informasi tentang kecepatan angin untuk diwaspadai para nelayan yang akan melaut," katanya.

Menurut Sudiyanto, kecepatan angin yang diperkirakan terjadi hingga Selasa (22/12) mencapai rata-rata 31 hingga 41 kilometer per jam.

Selain angin kencang, hujan juga diperkirakan melanda wilayah Bengkulu dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Manna, Bintuhan, Kepahiang, Tubei, Mukomuko dan Kota Bengkulu.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply