Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Surat Terbuka untuk Presiden Menyikapi Kecelakaan Kapal

PemudaMaritim-Yang terhormat bapak Presiden Joko Widodo
Gagasan besar maritim indonesia yang tertuang dalam visi dan misi bapak ketika kampanye menjadi harapan besar bahwa maritim dapat membawa indonesia bergerak maju kedepan. Sama halnya dengan agenda nawacita yang mengusung kemaritiman sebagai agenda prioritas utama. Dengan jargon Indonesia sebagai “Poros Maritim Dunia” membuat harapan kami membumbung tinggi, maritim benar-benar menjadi visi besar Indonesia bukan hanya bualan semata.
Pembangunan maritim bukan hanya mengacu kepada infrastruktur melainkan juga terkait dengan keamanan dan keselamatan penumpang dilaut. Bagaimana kita ingin bicara “Poros Maritim Dunia” jika kecelakaan pelayaran masih menjadi permasalahan yang kerap kali terjadi?
Tenggelamnya KM Wihana Sejahtera pada bulan oktober lalu merengut nyawa 97 penumpang.
Kemudian selanjutnya tenggelamnya KM Samudera Jaya I diperairan Ketapang pada 14 Desember 2015.
KLM Arief Sosial yang tenggelam diselat Karimata pada 15 Desember 2015.
Diakhiri dengan KM Marina yang tenggelam pada 19 Desember 2015 dengan rute Kolaka-Siwa. Sekitar 77 orang belum ditemukan dari kejadian tersebut.
Tentunya peristiwa ini menjadi catatan buruk indonesia bagi dunia pelayaran. Khususunya mengenai keselamatan dan keamanan pelayaran Indonesia. Untuk itu sebagai kepala negara dan pengambil kebijakan tertinggi kami harap bapak Presiden dapat mengambil langkah taktis untuk menyikapi permasalahan tersebut.
Kami berharap adanya revitalisasi ditubuh seluruh elemen kenegaraan yang berhubungan dengan keamanan dan keselamatan dilaut.
Tujuan besar Indonesia sebagai “Poros Maritim Dunia” seharusnya dapat di implementasikan oleh seluruh stekholder dan seluruh lembaga yang berhubungan. Terutama mengenai keselamatan dan keamanan pelayaran.
Jika kedepan upaya tersebut belum juga berhasil mengurangi kejadian kecelakaan dilaut kami sarankan bapak presiden menimbang kembali visi besar Indonesia sebagai “Poros Maritim Dunia”, karena kecelakaan dilaut telah mencoreng nama indonesia di mata dunia kemaritiman.
Terimakasih
Ahlan Zulfakhri

Sekjen APMI (Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Saya turut prihatin atas kejadian tersebut.
    Saya juga mempunyai link berita terkini yang mungkin bermanfaat.
    Silahkan kunjungi Berita Terkini Universitas Gunadarma

    BalasHapus