Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » BPSPL Padang Upayakan Nelayan Tangkap Ikan Tepat Sasaran

Pemuda Maritim - Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, akan mengupayakan agar nelayan yang ada di Sumatera Barat (Sumbar), mudah menangkap ikan di laut dan hasilnya tepat sasaran.

“Upaya ini bagian dari tupoksi dari balai dalam melakukan penataan ruang dan perencanaan pengelolaan Wilayah Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil atau disingkat (WP3K) terhadap nelayan,” kata Kepala BPSPL Padang, Andry Indryasworo Sukmoputro, di Padang, Rabu (20/1).

Dia menyebutkan upaya tersebut dimulai dengan memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada nelayan tentang pengetahuan yang telah dikembangkan oleh balai.

“Pengetahuan tersebut meliputi metode tangkap ikan, zonasi tangkap ikan, hingga waktu yang tepat untuk tangkap ikan”, katanya.

Dari penyuluhan tersebut, lanjut Andry, BPSPL Padang bersama Dinas Kelautan dan Perikanan akan melakukan imbauan persuasif atau ajakan kepada nelayan untuk mempraktikkan sistem yang telah disusun oleh balai tersebut.

“Selama ini nelayan menangkap berdasarkan intuisi semata sementara pengetahuan detail menangkap tersebut sangat minim, diharapkan upaya ini mampu menyelesaikan persoalan tersebut,” lanjutnya.

Bila nantinya program ini bisa diterima oleh dan mempraktikkannya, setidaknya nelayan bisa mengetahui kapan waktu yang tepat menangkap, atau zona perairan mana saja yang menjadi lumbung ikan hingga kondisi terkini sekitar lautan.

“Program ini meluncur berdasarkan kajian dan data yang dikumpulkan selama tujuh tahun ke belakang,” kata dia.

Bahkan untuk memperkuat data tersebut, pihaknya mencoba memasang alat enumerator atau pencatat data untuk melihat statistik dari hasil tangkapan saat nelayan mencari ikan. “Untuk Sumbar, saat ini kami telah berkoordinasi dengan beberapa kabupaten atau kota untuk menerapkan program tersebut,” pungkasnya.
Sumber : kkp.go.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply