Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Dinas KP2K Batam Tingkatkan Alat Tangkap Nelayan

Pemuda Maritim - Pada tahun lalu Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan Kota Batam mencatat hasil perikanan tangkap sebanyak 3.009.575 ton. Dimana hasil tangkapan yang paling dominan tersebut adalah ikan karang dan ikan pelagis kecil.

Tahun ini KP2K mengusahakan hasil perikanan tangkap meningkat. Berbagai cara ditempuh oleh dinas yang berkantor di Sekupang ini. Salah satunya meningkatkan kualitas alat tangkap yang digunakan oleh nelayan. ”Motorisasi alat tangkap, sehingga nelayan Batam dapat menangkap keluar dari perairan Batam,” kata Kabid Perikanan Tangkap Budidaya KP2K Batam, Alexander, kemarin.

Dengan peningkatan alat tangkap ini, diharapkan nelayan dapat menangkap ikan jauh lebih banyak dibandingkan pada tahun lalu. KP2K tak hanya meningkatkan kualitas alat tangkap milik nelayan. Namun juga melakukan bimbingan teknis, pada warga. Bimbingan teknis yang diberikan meliputi pembinaan mengenai hasil perikanan dan peningkatan produktivitas. ”Juga dilakukan pelatihan,” ujarnya singkat.

Ia mengatakan, nantinya juga akan dilakukan penguatan kelembagaan nelayan. Sehingga menjadi wadah bagi nelayan untuk menimba ilmu dan bertukar informasi.

Ia menuturkan nantinya bimbingan teknis tak hanya berbicara mengenai peningkatan hasil saja. Tapi juga bagaimana cara mendidik nelayan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. Sehingga nelayan-nelayan dapat mengelola sumber daya kelautan dan menjauhkannya dari tangan-tangan nakal, yang dapat merusak ekosistem laut. ”Dapat mengelola sumberdaya kelautan perikanan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan,” pungkasnya.
Sumber : batampos.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply