Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Harga Solar Turun Tidak Pengaruhi Nelayan

Turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar tidak banyak berpengaruh pada penghasilan nelayan Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah. Lantaran, penurunan harga solar terjadi bukan pada musim ikan.

“Solar turun kita sangat senang. Tapi kita sudah sepuluh hari tidak melaut karena memang sepi tangkapan, karena memang cuacanya," kata nelayan, Puryani, 48, ditemui di lokasi, Jumat (8/1/2016).

Dia menuturkan, penurunan harga solar kurang berpengaruh, lantaran sasaran tangkapan mereka berbeda dengan nelayan lain. "Tangkapan kita juga beda, hanya ikan-ikan kecil dan udang saja. Karena ikan di pantai Semarang tidak sebanyak di pantai lain di Pantura," jelasnya.

Senada, Ahmad, Syueb, 50, hingga kini belum menikmati turunnya harga solar. Lantaran tidak melaut dalam beberapa hari. Dia berharap, agar pemerintah bisa menurunkan harga Solar saat musim melaut tiba.

"Harapannya pemerintah dapat lagi menurunkan harga solar, terlebih saat musim panen ikan, antara Maret sampai Desember," ucap Syueb, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Tiga Berlian Tambaklorok.

Dia menuturkan, sekali melaut membutuhkan satu ton solar. Dari satu ton solar itu, menurut Syueb, hasil laut yang dihasilkan bisa mencapai tiga ton teri, cumi, udang, dan ikan lainnya.
Sumber : metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply