Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Istri Nelayan Butuh Bantuan Modal

Pemuda Maritim - Para istri nelayan berharap memperoleh bantuan modal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan. Dengan modal tersebut, diharapakan para istri nelayan bisa berperan aktif dalam kegiatan usaha unutk keluarga mereka. Dengan begitu, para istri nelayan dapat meningkatkan ekonomi keluarga, terutama pada saat paceklik. Pada saat seperti itu, para istri nelayan diharapkan menjadi pilar penyangga penghidupan keluarga mereka.

 Camat Pekalongan Utara Joko Setiawan mengatakan, pendapatan nelayan tidak menentu. Apalagi jika gelombang tinggi, mereka tidak melaut. Pada saat itu, para nelayan tidak mendapat pemasukan untuk keluarga.

 ”Kalau tidak bekerja (melaut), ya tidak ada pemasukan karena melaut adalah pekerjaan utama para warga di Pekalongan Utara ini,” terangnya, kemarin. Menurut dia, para istri nelayan sebenarnya ingin berperan aktif dalam kegiatan usaha agar bisa membantu perekonomian keluarga. Namun mereka terkendala modal. ”Ibu-ibu ingin membuka usaha tapi modalnya dari mana?” sambungnya. 

Joko berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan bisa mengupayakan bantuan modal untuk para istri nelayan. Bantuan modal tersebut diharapkan bisa menjadi kail untuk menghidupkan perekonomian keluarga nelayan. Tak Melaut ”Pemkot lewat koperasi atau mungkin ada kelompok yang bisa mengusahakan bantuan modal untuk nelayan karena musim paceklik ini menjadi masalah bagi keluarga nelayan sehingga harus diatasi,” tambahnya. 

Nelayan di Kota Pekalongan sudah lebih dari 15 hari tidak melaut karena gelombang tinggi. Untuk membantu keluarga nelayan, Pemkot Pekalongan mengajukan bantuan beras paceklik untuk keluarga nelayan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan beras 15,5 ton dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah sudah didistribusikan kepada keluarga nelayan di Kota Pekalongan.
Sumber : suaramerdeka.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply