Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Memperjuangkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

Pemuda Maritim - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mempawah terpilih, Zulbahri Solek berjanji memperjuangkan kesejahetraan bagi petani dan nelayan. Menurut dia, langkah strategis untuk mewujudkan kesejahteraan itu dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, pengusaha hingga perbankan.
 
“Terimakasih atas kepercayaan semua pihak yang mempercayakan saya untuk memimpin KTNA Kabupaten Mempawah periode 2016-2021. Amanah jabatan ini tentu akan saya jalankan dengan sebaik mungkin,” kata Zulbahri dalam sambutannya.

Terpilihnya Zulbahri sebagai Ketua KTNA Kabupaten Mempawah merupakan periode kedua setelah sebelumnya menempati jabatan yang sama. Proses pemilihan kepengurusan KTNA itu sendiri ditetapkan melalui Rembug Paripurna KTNA Kabupaten Mempawah 2016 di Sekretariat KTNA, Rabu (6/1).
“Kedepan, saya beserta jajaran pengurus lainnya akan bekerja keras untuk memperjuangkan kesejahteraan petani dan nelayan di Kabupaten Mempawah. Kami bertekad mewujudkan swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Kalimantan Barat, Supardi A Kadir menerangkan, KTNA merupakan wadah perhimpunan kelompok tani, pengurus kelompok nelayan, pengurus kelompok pembudidaya ikan, pengurus pengolahan hasil, dan pengurus petani hutan yang ada diwilayahnya masing-masing.

“KTNA memiliki peranan yang penting dan strategis. Karena, KTNA ikut membantu pemerintah dalam membangun sektor pertanian dan perikanan. Salah satunya membantu pemerintah dalam mengatasi kekurangan tenaga penyuluh pertanian maupun perikanan. Sebab tidak sedikit pengurus dan anggota KTNA yang menjadi penyuluh swadaya,” paparnya.

Kepada pengurusa KTNA Kabupaten Mempawah periode 2016-2021, Supardi berpesan agar bekerja dengan baik dan maksimal untuk memajukan dunia pertanian dan kelautan. Terutama dalam upaya mendorong tercapainya kesejahteraan hidup masyarakat petani dan nelayan di Kabupaten Mempawah khususnya dan Kalbar umumnya.

“Para pengurus harus bersungguh-sungguh dan lebih optimal memperjuangkan nasib petani dan nelayan didaerahnya. Lakukan langkah-langkah strategis agar peningkatan kesejahteraan hidup tersebut dapat tercapai,” pesannya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan rembug paripurna KTNA Kabupaten Mempawah tahun 2016 itu. Mewakili Pemerintah Kabupaten Mempawah, Ramlana mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus KTNA periode 2016-2021.

“Dilaksanakannya kegiatan rembug ini bertepatan dengan momentum dimulainya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Berkaiatan dengan hal itu, maka KTNA harus mampu memacu semangat dan memotivasi para petani dan nelayan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing,” ujarnya.

Peningkatan dimaksud, lanjut Ramlana hendaknya dilakukan secara menyeluruh baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) hingga produktivitas sektor pertanian dan perikanan diwilayah Kabupaten Mempawah. Jika kemajuan itu dapat dicapai, maka petani dan nelayan siap menghadapi era MEA.

“Dengan kesungguhan dan kerjasama yang baik semua pihak, Pemerintah Kabupaten Mempawah optimis kemajuan dunia pertanian dan perikanan mampu dioptimalkan. Kita tidak boleh kalah bersaing dengan daerah bahkan negara lainnya,” tukasnya.

Pelantikan pengurus baru KTNA Kabupaten Mempawah periode 2016-2021 dipimpin Ketua KTNA Provinsi Kalimantan Barat, Supardi A Kadir, S.Pd dan disaksikan Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, S.Sos besetra jajaran muspida dan pejabat Pemerintah Kabupaten Mempawah dan perwakilan petani dan nelayan.
Sumber : pontianakpost.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply