Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Naik

Pemuda Maritim - Harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Manado mengalami kenaikan. Hal ini ditengarai disebabkan oleh cuaca buruk yang membuat nelayan enggan melaut.

Terpantau, di Pasar Besehati ikan Cakalang dan Deho dijual Rp25 ribu untuk 3-4 ekor, padahal sebelumnya hanya Rp15 ribu. Ikan Oci sendiri sudah menyentuh Rp30 ribu untuk 5 ekor.

Meiske Tengker salah satu pedagang membenarkan adanya kenaikan. “Harga naik karena jumlah penangkapan sedikit. Kalau dijual murah, nanti kami bisa rugi,”jelasnya.

Dirinya mengambil ikan dari pelelangan di Kema dan Kota Bitung. Per ember sudah naik menjadi Rp600 ribu, dari semula hanya Rp250 ribu. “Malahan bisa sampai Jutaan rupiah kalau memang hanya sedikit,”tuturnya.

Kenaikan harga ikan ini pun dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya cuaca buruk. Kondisi ini menggangu pendapatan nelayan karena enggan mencari ikan. “Ya, memang kami terkendala oleh cuaca saat ini. Beberapa hari ini angin laut dan ombak sangat tinggi. Kami tidak mau membahayakan diri,”  papar Rudy salah satu nelayan di Desa Tumumpa Kecamatan Tuminting.

Sementara, Kepala Dinas perdagangan dan perindustrian (Disperindag), melalui Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri Hanny Wajong menyebut, cuaca akhir-akhir ini memang  mengurangi produksi ikan. “Cuaca kan berganti-ganti, jadi pedagang  atau konsumen tidak perlu kuatir,”tandas Wajong.
Sumber : manadopostonline.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply