Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Plt Gubsu: Hadapi MEA, Nelayan Harus Punya Bekal

Pemuda Maritim - Plt Gubernur Sumatera Utara, H. Tengku Erry Nuradi, mengajak para nelayan agar menyiapkan diri dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan mulai awal Januari 2016 mendatang.

"Nelayan harus dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan SDM yang baik dan teknologi alat tangkap yang modern, diyakini mampu meningkatkan hasil tangkapan serta kesejahteraan nelayan itu sendiri," sebut Erry Nuradi dalam peringatan Hari Nusantara di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB), Gabion Belawan, Rabu (30/12).

Turut hadir Kadis Perikanan Kelautan Provsu, Zonni Waldi; Danlantamal 1 Belawan, Laksamana Pertama TNI Yudo Margono; Ketua HNSI Sumut, H. Syah Affandin; Kepala PPSB, Jainur Manurung serta sejumlah kelompok nelayan maupun para pengusaha perikanan.

Dalam kesempatan itu, Erry menegaskan, era MEA efektif diberlakukan 1 Januari 2016 mendatang. Awal tahun, akan terjadi perubahan pola dan sistem perekonomian di semua negara yang tergabung dalam MEA termasuk Indonesia.

"Salah satu perubahan adalah terciptanya pasar bebas. Produk negara yang terbagung dalam MEA akan bersaing di pasaran. Tentu hanya yang berkualitas dan memiliki harga terjangkau yang dapat bersaing," ujar Erry.

Sementara Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Sumut, H. Syah Afandin mengatakan, dalam moment peringatan Hari Nusantara, pemerintah harus terus menggali potensi sumber daya kelautan perikanan yang cukup besar.

"Diharapkan pemerintah membuat program kesejahteraan nelayan. Potensi kelautan dan perikanan Sumatera Utara cukup besar dan harus dimanfaatkan dengan maksimal," ujar Afandin.
Sumber : analisadaily.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply