Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Polisi Ingatkan Nelayan Waspadai Ombak Besar

Pemuda Maritim - Nelayan Kota Tegal diminta tidak melaut sebagaimana diinstruksikan Syahbandar karena sedang terjadi gelombang tinggi dan cuacanya sedang tidak bersahabat.

“Jika ada kapal nelayan yang nekat melaut, maka kami bisa tindak karena masuk kategori illegal fishing mengingat mereka menangkap ikan tanpa dilengkapi dokumen yang lengkap,” ungkap Kepala Satuan Polisi Air (Polair) Polres Tegal Kota, AKP Riyanto, kemarin.

Larangan tersebut, lanjut dia, lebih mempertimbangkan pada keselamatan para nelayan. Dengan adanya larangan melaut, biasanya Syahbandar tidak akan mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Larangan yang dikeluarkan Syahbandar biasanya disesuaikan dengan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Nelayan jangan ambil resiko jika ombak sedang besar. Termasuk jika situasi alam sedang tidak bersahabat. Karena kondisi ini selain membahayakan kapal juga keselamatan para awal kapal itu sendiri,” katanya.

Sarjono (45) salah satu nelayan mengaku sudah menyandarkan kapalnya di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jongor. “Kami hanya bisa menunggu ombak kembali tenang agar bisa melaut lagi,” katanya.
Sumber : www.indopos.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply