Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Ratusan Nelayan Muara Angke Demo Tolak Reklamasi

Pemuda Maritim - Ratusan nelayan yang tergabung dalam Forum Kerukunan Nelayan Muara Angke dan Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Teluk Jakarta menggelar aksi demo di depan gedung DPRD DKI Jakarta, hari ini. Dalam aksi unjuk rasa tersebut, mereka menolak pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Reklamasi di Utara Jakarta. Rencananya, DPRD DKI akan mengesahkan raperda tersebut hari ini. Para nelayan juga menolak proyek reklamasi karena akan mengorbankan nelayan dan ekosistem pesisir.

Ketua Umum Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), M Taher mengatakan pengesahan Raperda Reklamasi merupakan penghianatan terhadap mandat rakyat teluk Jakarta. “Raperda itu juga akan menjadi pemulus proyek reklamasi yang mengorbankan nelayan khususnya perempuan, dan ekosistem pasir,” kata Taher di gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (25/2).

Pemprov DKI Jakarta dan DPRD seolah tutup mata terhadap fakta dampak negatif reklamasi yang telah disuarakan ahli selama ini. Pengesahan raperda itu dinilai mengancam keberadaan nelayan tradisional skala kecil karena tidak ada lagi ikan yang bisa ditangkap akibat proyek reklamasi. "Kami atas nama nelayan menolak keras reklamasi, harga mati, reklamasi hanya menguntungkan pengusaha besar, bukan nelayan" tegas taher.

Pihak Pemprov DKI kata Taher, mengklaim telah mempunyai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Sayangnya dokumen itu dibuat formalistik tanpa sepengetahuan warga. Terlebih lagi, KLHS belum mendapatkan verifikasi dari pihak berwenang yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Tidak ada ruang masyarakat untuk menyatakan keberatan atas proyek reklamasi. Yang ada justru nelayan dipaksa untuk alih profesi menjadi miskin. Terlebih lagi munculnya relokasi. Yang menggusur warga dari mendapatkan mata pencaharian utama,” tutur Taher.
Sumber : www.beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply