Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » 8 Nelayan yang Ditangkap Malaysia akan Dipulangkan

Pemuda Maritim -  Kabar pemulangan nelayan asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, cukup membawa angin segar bagi pihak keluarga. Pasalnya delapan dari 17 orang nelayan yang ditangkap Polisi Maritim Malaysia rencananya akan dipulangkan pada Senin, 28 Maret.

"Saya pastikan akan membantu membebaskan mereka semua. Namun, Senin mendatang baru ada delapan nelayan yang dipulangkan. Saya sudah kontak Konjen kita di Penang," kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba, yang berkunjung ke keluarga nelayan di Pasar Ikan Lama, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Selasa (22/3/2016).

Parlindungan mengatakan selama Januari-Maret ada 17 nelayan asal Langkat yang ditangkap Polisi Maritim Malaysia. Mereka ditangkap karena dianggap melintas batas wilayah perairan.

Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat nelayan Langkat kerap ditangkap Polisi Maritim Malaysia. Di antaranya adalah kurangnya sosialisasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat tentang tata batas wilayah perairan.

"Kurangnya petugas pengamanan kita di perbatasan, kurangnya rumpon atau rumah ikan, serta hutan mangrove yang rusak. Itu merupakan beberapa faktor pendorong nelayan melewati batas wilayah," kata Parlin.

Karenanya, Parlin meminta Pemerintah Kabupaten Langkat segera merealisasikan apa saja yang dibutuhkan nelayan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Pihaknya pun terus berupaya agar nelayan lainnya segera dipulangkan.

Nelayan asal Langkat yang saat ini masih ditahan di Malaysia adalah nelayan asal Desa Kelantan Kecamatan Berandan Barat Erwin, 34, Tekong, M Hairil, 25, Faisal, 22, M Hidayat, 25, dan Salman, 23. Kemudian nelayan asal Kelurahan Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan, yaitu Junaidi, 43, Tekong, Saiful Amri, 30, Helmi Syahputra, 27, Usman Kasim, 36, M. Rajali, 65, dan Taufik Hidayat, 20. Selanjutnya M. Andika, 23, Safrizal, 36, Dandi, 18, Bawel, 35, Hasan, 35, dan Ikbal, 24.
Sumber : metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply