Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Bantu Evakuasi Korban Kapal Karam, 10 Nelayan Dapat SIM Gratis

 Pemuda Maritim - Sepuluh nelayan dari kelompok wisata Bangsring Boat yang membantu evakuasi korban tenggelamya kapal Rafelia 2 di Selat Bali pada Jumat (4/3/2016) lalu mendapatkan penghargaan dari Polres Banyuwaangi.

Penghargaan tersebut diberikan pada Kamis (17/3/2016). Selain itu, mereka yang berprofesi nelayan ikan hias tersebut juga mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) C gratis dari Polres Banyuwang.

"Hari ini juga SIM-nya diurus karena teman-teman nelayan kan sudah punya motor tapi belum punya SIM. Kalau ke kota takut cegatan jadi ya alhamdulilah apalagi SIM-nya gratis," jelas Irfan Ismadi Putra, ketua kelompok wisata Bangsring boat saat ditemui Kompas.com di Polres Banyuwangi setelah mendapatkan penghargaan.

Menurut Irfan, ada 10 orang nelayan yang membantu evakuasi, empat orang yang bertugas di kapal, sedangkan enam orang terbagi dua tim dan bergantian setiap satu jam sekali untuk mengevakuasi korban.

Mereka bekerja selama empat hari berturut-turut, bukan hanya evakuasi korban, tetapi juga membantu petugas mengidentifikasi kendaraan yang tenggelam, termasuk memasang garis polisi.

"Selama 5 hari full kami bantu bersama Satpolair. Para nelayan juga yang menemukan korban terjebak di dalam kapal. Setiap satu jam, kami ganti tabung gas," jelasnya.

Seminggu sebelumnya, para nelayan mendapatkan pelatihan SAR dan life guard dari Dinas Pariwisata yang dilatih oleh tim dari Polair sehingga mereka sudah mendapat pengetahuan saat mengevakuasi korban.

"Padaha hari pertama kami sudah bantu evakuasi tapi penyelaman dilakukan hari kedua karena keadaan sudah gelap. Kalau kendalanya ya arusnya Selat Bali yang cukup kuat dan sulit diprediksi," pungkasnya.

Kapal Rafelia 2 tenggelam di selat Bali pada Jumat (4/3/2016) lalu. Dari 81 penumpang, 76 orang diselamatkan, dan 6 orang dinyatakan meninggal, termasuk nakhoda dan mualim 1 KMP Rafelia 2.
Sumber : kompas.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply