Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » KKP Bersama Instansi Terkait Gelar Pengawasan Terpadu Komoditi Perikanan di Lintas Batas RI - PNG

doc.kkp
Pemuda Maritim - Kegiatan operasi pengawasan komoditi perikanan di pintu perbatasan antar negara mutlak dilakukan. Perlunya pengawasan ini tentunya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat di sektor perikanan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program kedaulatan perikanan serta mengetahui banyaknya permasalahan yang terjadi di lapangan. terkait masalah kegiatan pengawasan usaha dibidang perikanan di seluruh lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sehingga dari permasalahan yang timbul dapat dirumuskan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan koordinasi daerah yang berhubungan dengan kebijakan yang harus diberikan.

Dalam rangka meningkatkan pengawasan tersebut, dibangun Pos Lintas Batas RI- PNG untuk menjaga kedaulatan sumber daya perikanan Negara Republik Indonesia, Stasiun KIPM Kelas II Merauke yang berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama-sama instansi terkait Satgas Pamtas Sota – PNG, Koramil, Polsek Sota – Merauke, Bea Cukai, Imigrasi, dan Karantina Pertanian melakukan pengawasan bersama atau pengawasan terpadu disekitar lintas batas RI – PNG.

Tim pengawasan terpadu ini sudah dibentuk sebelumnya dengan Surat Keputusan Kuasa Pengguna anggaran Stasiun KIPM Kelas II Merauke Nomor KRP.029/40.0/KP-340/I/2016 yang dikeluarkan oleh Kepala Stasiun KIPM Kelas II Merauke.

Pada hari Sabtu lalu, (26/3) pengawasan terpadu lalu lintas komoditi perikanan yang pertama telah dilaksanakan. 

Pada awalnya, Tim Pengawasan terpadu di lintas batas RI-PNG menyusuri wilayah perbatasan Sota – PNG dengan berjalan kaki. Wilayah tersebut merupakan jalan/pintu masuk warga yang biasa dilalui oleh masyarakat pelintas batas PNG.

Walau perjalanan yang ditempuh cukup jauh (kurang lebih 5 km) seluruh anggota Tim Pengawasan Terpadu Lalu lintas Komoditi Perikanan tetap semangat dalam menjalankan tugasnya.

Tim Pengawasan Terpadu ini dipandu oleh bapak Ainul Djarod, S.PKP yang juga didampingi dari anggota TNI Satgas Pamtas Sota – PNG.  Untuk kedepannya, pengawasan terpadu di sekitar lintas batas Sota – PNG akan dilaksanakan setiap sebulan sekali.

Selain di wilayah perbatasan Sota – PNG, pengawasan terpadu juga dilakukan di berbagai wilayah perbatasan lain. Fungsi dari pengawasan di wilayah lain sama dengan yang dilakukan oleh tim pengawasan terpadu Sota – PNG ini. 

Harapannya pengawasa ini bisa terus dilakukan dan frekuensinya bisa ditingkatkan. Menyikapi semakin banyaknya ancaman-ancaman yang datang di sektor perikanan di wilayah perbatasan dengan Negara tetangga. Hal ini sebagai bentuk penguatan kedaulatan menuju Indonesia Poros Maritim Dunia. (AYY)
Sumber: kkpnews.kkp.go.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply