Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Lima Bangsa Maritim Terhebat Sepanjang Sejarah

Pemuda Maritim - Sejarah mencatat, ada beberapa bangsa maritim terhebat di dunia. Mereka dahulu menggunakan lautan dalam menjalankan aktivitas kesehariannya meliputi perniagaan, hubungan diplomatik hingga peperangan.

Selain itu, dengan kebiasaan melautnya, bangsa ini kemudian dikenal dengan keterampilan membuat perahu. Perahu tersebut lantas mereka pakai untuk menjelajah dunia.

Setidaknya ada lima bangsa maritim yang dikenal hebat sepanjang sejarah, dan yang membuat bangga adalah Indonesia termasuk di dalamnya. Berikut ini lima bangsa maritim hebat sejagat sebagaimana dikutip dari laman boombastis.com.

Indonesia

Tak dimungkiri bila Indonesia termasuk bangsa maritim yang dikenal hebat sejak ratusan tahun silam. Buktinya nenek moyang bangsa Indonesia yang membangun berbagai kerajaan di bumi nusantara telah akrab dengan laut.

Misalnya saja Kerajaan Sriwijaya yang banyak melakukan pelayaran ke berbagai negara di Asia Tenggara. Hal itu bertujuan membuka jalur perniagaan sekaligus memperluas wilayah mereka yang berlangsung sejak abad ke-7 hingga ke-14 masehi.

Tak hanya itu, di tanah Jawa adapula Kerajaan Majapahit yang menancapkan kekuasaannya di abad ke-13 masehi. Sama halnya seperti Sriwijaya, Majapahit juga memanfaatkan lautan guna berlayar menjalin hubungan perdagangan dengan kerajaan lain di Malaka (kini Malaysia). Tak heran jika kemudian tercipta lagu legendaris berjudul "Nenek Moyangku Seorang Pelaut".

Tiongkok

Tiongkok juga termasuk salah satu bangsa maritim terhebat yang masih bertahan hingga saat ini. Kehebatan pelayaran bangsa Tiongkok sudah moncer sejak abad ke-2 masehi.

Kapal-kapal Tiongkok saat itu banyak berseliweran di Laut Cina Selatan menuju India bahkan hingga ke benua Afrika. Sama seperti bangsa lainnya, pelayaran-pelayaran itu bertujuan untuk berdagang dan menjalin hubungan diplomatik dengan bangsa lainnya.

Berdasarkan catatan sejarah, salah satu pelayaran paling terkenal oleh Tiongkok yaitu ekspedisi yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho. Selama menjelajah lautan sejak tahun 1405-1433, Laksamana Cheng Ho juga pernah hijrah di Indonesia. Ia melakukan ekspedisi juga bertujuan menjalin hubungan diplomatik, dan berbagi ilmu di antaranya ilmu pengobatan.

Viking (Skandinavia)

Bangsa ini hidup pada abad ke-8 hingga ke-11 masehi di kawasan Skandinavia. Mata pencaharian mereka yakni berdagang, berladang, bahkan merompak berbagai kapal barang yang melintas di wilayah mereka.

Bangsa ini dikenal sebagai pelaut ulung yang hampir menjelajah semua lautan di Eropa. Mereka juga dikenal sebagai ahli navigasi dan pandai dalam hal rasi bintang. Bangsa Viking kemudian lenyap dari peradaban lantaran banyaknya invasi dari berbagai kerajaan di Eropa lantaran dianggap bangsa arogan.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply