Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Miris! 75% Tangkapan Nelayan Tersapu Cuaca Ekstrem

Pemuda Maritim - Tak hanya oleh proyek Reklamasi Teluk Jakarta, cuaca ekstrem kian menggilas nasib nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara. Tak tanggung-tanggung, ikan nelayan merosot hingga 75 persen.

Supyadi, seorang nelayan Muara Angke, mengungkapkan, sekali melaut ia biasanya mendapat tangkapan dengan bobot sekitar 180-200 kilogram. Namun saat ini, jumlah tangkapannya melorot. "Tangkapan turun sekitar 75 persen. Saat ini hanya 25-30 kilogram saja," terangnya, kepada jitunews, Senin (7/3), di Pasar Muara Angke.

Lanjut Supyadi, cuaca ekstrem yang terjadi saat ini menciptakan gelombang laut yang cukup besar serta angin yang begitu kencang. Alhasil, tidak banyak nelayan yang berani melaut hingga ke tengah. "Takut terbawa arus laut mas," imbuhnya. 

Untuk melaut, Supyadi mengaku hanya memiliki kapal dengan ukuran kecil. Karena hanya mengandalkan fasilitas seadanya, ia pun merasa kesulitan untuk melaut jika cuaca ekstrem datang. "Kapal yang saya gunakan panjangnya hanya 7 meter. Jadi agak sulit kalau melaut," keluhnya.

Meski begitu, demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya, Supyadi pun tetap nekat untuk melaut. "Banyak nelayan yang enggak melaut. Tapi mau gimana lagi mas, karena untuk kebutuhan perut, saya paksakan untuk melaut. Padahal saya takut juga," tukasnya mengeluh.
Sumber : www.jitunews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply