Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Minta Hari Nasional

Pemuda Maritim - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mengusulkan kepada pemerintah untuk mengadakan peringatan Hari Nelayan Nasional setiap tanggal 21 Mei.

"Ini negara maritim, masak perhatian terhadap nelayan tidak ada, baiknya dicanangkan hari nelayan," kata Ketua Umum DPP HNSI Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien kepada di Jakarta, Selasa (15/03/2016).

Adanya hari nelayan diharapkan pemerintah dapat memberi perhatian lebih terhadap kesejahteraan dan kepedulian kepada nelayan di seluruh pesisir nusantara.

Alasan pemilihan tanggal 21 Mei dikarenakan faktor sejarah sejak para nelayan turut memerangi kemerdekaan melawan Belanda.

"Dulu nelayan saja ikut berperang melawan VOC khususnya, hingga adanya monopoli dagang dan sebagainya," kata Yussuf.

Selain itu, tepat pada tanggal 21 Mei justru diperingati pula sebagai HUT HNSI, padahal awalnya merupakan perjuangan deklarasi untuk mewujudkan hari nelayan se-Indonesia.

"Awalnya pada tahun 21 Mei 1973 seluruh organisasi nelayan sepakat untuk bersatu dan mendirikan organisasi profesi nelayan," katanya.

Kemudian, semakin lama organisasi semakin matang dan terstruktur untuk menjadikan organisasi nasional tersebut menjadi HSNI.

HNSI pada tanggal 3 Maret 2016 juga telah menyurati Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan hal tersebut. Rencananya nanti akan ada peringatan Kongres HSNI pada tanggal 21 Mei 2016 di Lampung, guna sekaligus mencanangkan usulan tersebut.

Dengan adanya usulan tersebut diharapkan profesi nelayan tidak dipandang sebelah mata, mengingat Indonesia merupakan negara maritim sebagai salah satu kekayaan negara.
Sumber : rimanews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply