Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Nelayan Yogyakarta dan Balikpapan Manfaatkan Teknologi Digital mFish

Pemuda Maritim - XL Axiata mengumumkan penerapan aplikasi digital mFIsh pada nelayan di Pantai Baron, Gunung Kidul, dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta, serta di wilayah Balikpapan, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja nelayan.

“Tahun ini kami mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah DI Yogyakarta, dengan harapan sarana teknologi digital ini dapat dimanfaatkan warga nelayan setempat yang memang membutuhkan dukungan untuk lebih produktif,” ujar Vice Presiden Central Region XL, Bambang Parikesit.

Pada tahap awal ini, XL membagikan 260 paket  mFish untuk nelayan di wilayah Yogyakarta. Untuk wilayah Pantai Baron, XL mendistribusikan paket mFish sebanyak 160 paket mFish, sementara di Pantai Depok, Bantul, sebanyak 100 paket.

Paket mFish ini terdiri dari perangkat, kartu SIM XL, alat pengisi daya baterai bertenaga sinar matahari, tas anti air, dan kabel data.

Selain Yogyakarta, mFish juga didistribusikan di Balikpapan, dengan jumlah total 500 paket, di Kampung baru dan Manggar, masing-masing 250 perangkat. Untuk pengimplementasian mFish di wilayah Balikpapan, XL bekerja sama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Sementara untuk wilayah Yogyakarta, XL juga bekerja sama dengan PT Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL. Kerja sama antar keduanya hadir dalam bentuk penyediaan pendampingan selama enam bulan, serta kunjungan rutin kepada nelayan untuk menjaga tingkat efektifitas.

XL menyebut, sosialisasi program ini telah berjalan sejak Desember tahun lalu.

Implementasi mFish ini, jelas XL, sebagai bentuk upaya XL dalam melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas warga di berbagai bidang. Dalam proses implementasi, XL menggandeng TONE, sebagai pengembang aplikasi tersebut.

Aplikasi mFish berbekal fitur penyedia informasi terkait cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. XL menjelaskan, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi antar nelayan.
Sumber : metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply