Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Penjaga Pantai Argentina Tenggelamkan Kapal Penangkap Ikan Cina Lu Yan Yuan Yu 010

Kapal yang ditenggelamkan
Pemuda Maritim - Penjaga pantai Argentina menenggelamkan kapal penangkap ikan Cina Lu Yan Yuan Yu 010 yang sedang beroperasi di wilayah perbatasan sejauh kurang dari 200 mil laut di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Puerto Madryn, Argentina. Kapal penjaga pantai mendeteksi adanya kapal penangkap ikan yang sedang beroperasi di area terlarang dan memperingatkannya supaya berhenti untuk melakukan pemeriksaan rutin. Namun kapal tersebut justru mematikan lampu dan mencoba untuk melarikan diri di kegelapan malam. Setelah pengejaran singkat dan beberapa peringatan dengan melepaskan tembakan ke arah kapal penangkap ikan tersebut akhirnya kapal Lu Yan Yuan Yu 010 tenggelam seketika dalam keadaan yang tidak tampak jelas. Keempat awak kapal yang berada dalam kapal penangkap ikan Lu Yan Yuan Yu 010 berhasil diselamatkan oleh penduduk lokal dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan secara medis dan pemeriksaan. Kementrian Luar Negeri Argentina dan Konsulat Cina telah diberitahu perihal kejadian tersebut. Penyelidikan mengenai akar masalah terjadinya kecelakaan tersebut sedang berjalan.

“Beberapa tembakan sebagai peringatan telah dilepaskan pada kapal penangkap ikan Cina yang sedang beroperasi di wilayah perbatasan Puerto Madryn. Peringatan tersebut direspon oleh kapal penangkap ikan Cina dengan mematikan lampu kapal dan dengan sengaja mencoba untuk menabrak kapal penjaga pantai,” ujar penjaga pantai Argentina dalam pernyataan resminya. “Dalam kesempatan yang berbeda, kapal tersebut tampaknya menyadari kesalahannya dan mengatur siasat, mereka bergerak ke arah kami untuk menabrak kapal penjaga pantai. Itulah sebabnya tim kami akhirnya melakukan tembakan dan menenggelamkan kapal penangkap ikan tersebut,” tambahnya. 

Kementrian Luar Negeri Cina dipanggil Argentina untuk melakukan penyelidikan perihal kejadian tersebut dan ingin memastikan kemanan dari kru yang berhasil diselamatkan. Namun para ahli dari Cina memiliki pandangan yang berbeda mengenai kejadian ini, mereka mengklaim bahwa selama terjadinya kecelakaan pada kapal penangkap ikan Lu Yan Yuan Yu 010, disana terdapat 28 kru yang diselamatkan oleh kapal lain yang dekat dengan tempat kejadian. 

Kapal penangkap ikan Cina Lu Yan Yuan Yu 010 secara keseluruhan memiliki panjang 49 meter, lebar 9 meter dan draft maksimum kapal sebesar 3.5 meter. (Anin/Petrov)

Untuk video kejadian dapat dilihat di https://youtu.be/QjW3Eyc7Fog

Sumber: http://www.newsmaritime.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply