Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » WN Sapa Warga Nelayan Peudada

Pemuda Maritim - Wali Nanggroe Malik Mahmud Alhaytar meninjau berbagai fasilitas di Pelabuhan Pendataran Ikan (PPI) Peudada dan PPI Kuala Jangka, Bireuen, Selasa (1/3). Untuk kelanjutan pembangunan kedua PPI tersebut, membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Saat ke lokasi Malik Mahmud didampingi Bupati Bireuen Ruslan M Daud dan Sekda Bireuen Zulkifli serta sejumlah pejabat Pemkab Bireuen. Malik Mahmud singgah di Bireuen dalam perjalanan menghadiri kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Bener Meriah hari ini.

Tiba di PPI Peudada, Malik Mahmud disambut hangat masyarakat dan nelayan yang sedang beraktivitas di komplek fasilitas perikanan itu. Malik turut menanyakan kepada nelayan tentang harga pasaran ikan yang dijual di sana. “Saya dulu di Malaysia dan Singapura juga memiliki kapal ikan,” ujar Malik Mahmud kepada nelayan.

Wali Nanggroe terlihat sangat tertarik dengan aktivitas perikanan di sana. Nelayan turut memintanya foto bersama di Sekretariat Abu Laot Peudada. Didampingi Panglima Laot Lhok Peudada, A Rahman Aji, Malik Mahmud lalu berjalan hingga ke ujung Kuala Peudada. Di sana Malik Mahmud menyampaikan kepada Bupati Bireuen agar memperbanyak pepohonan di pinggir laut.

“Nanti bisa dilakukan penanaman pohon kelapa dan pohon yang rindang, supaya kawasan kuala tidak gersang. Bila ditata dengan baik tentunya Kuala Peudada akan lebih indah,” kata Malik Mahmud kepada Bupati Bireuen Ruslan M Daud.

Panglima Laot Lhok Peudada, A Rahman Aji menyampaikan kepada Malik Mahmud tentang kondisi lampu suar di ujung Kuala Peudada yang padam, sehingga sangat menyulitkan kapal motor dan boat untuk merapat di malam hari.

“Kalau alur Kuala Peudada ini bisa dilintasi boat ukuran besar, maka banyak kapal dan boat nelayan yang selama ini sandar di Kuala Idi akan memilih berlabuh di Peudada, bahkan termasuk kapal dari Belawan,” ujar A Rahman.

Dari PPI Peudada, Malik Mahmud dan rombongan berangkat melihat fasilitas perikanan dan pesona pantai Kuala Jangka di Kecamatan Jangka. Di sana Wali Nanggroe terkesan dengan suasana pantai yang bersih dengan pepohonan.

Bupati Bireuen Ruslan M Daud mengatakan ia membawa Malik Mahmud melihat sarana perikanan di PPI Peudada dan Kuala Jangka dengan harapan nantinya Wali Nangroe memberikan saran kepada Gubernur Aceh tentang kebutuhan sarana di dua lokasi itu.

“Masih banyak kebutuhan anggaran untuk melengkapi sarana bidang perikanan di PPI Peudada dan PPI Kuala Jangka yang tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar untuk memudahkan aktifitas nelayan,” kata Ruslan M Daud.
Sumber :  tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply