Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » AS-India Sepakat Perkuat Kerja Sama Maritim

Pemuda Maritim - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Ashton Carter dan rekan senegaranya Menhan India Manohar Parrikar telah sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam keamanan maritim, Selasa (12/4). Hal ini dilakukan karena muncul kekhawatiran Washington atas lonjakan ambisi militer Beijing di Laut China Selatan.

Lawatan Carter ke New Delhi bertujuan meningkatkan hubungan strategis yang sangat penting dengan Washington dalam menghadapi masalah kesombongan Tiongkok, khususnya di Laut China Selatan.

“Kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang keamanan maritim. Kedua belah pihak juga menegaskan lagi pentingnya menjaga keamanan maritim serta memastikan kebebasan untuk bernavigasi dan melakukan penerbangan melalui wilayah itu, termasuk di Laut China Selatan,” bunyi pernyataan bersama yang dikeluarkan, usai Carter berbicara dengan menhan India, Selasa.

Pemerintah Washington sendiri kian fokus ke Asia karena berupaya melawan kesombongan Tiongkok yang berkembang di Laut China Selatan. Negeri Paman Sam ini juga memberi semangat kepada India untuk memainkan peranan lebih besar dalam jaringan aliansi pertahanan regional.

Alhasil, Tiongkok meningkatkan kehadiran angkatan laut di perairan dalam serta mengklaim daerah-daerah yang disengketakan di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

Beijing menyatakan mengklaim hampir semua daerah yang diperebutkan di Laut China Selatan, yang sangat penting bagi pelayaran internasional. Bahkan dalam beberapa hari terakhir terus mendirikan bangunan-bangunan besar termasuk sistem radar dan lapangan terbang di atas terumbu karang.

Negeri Panda ini juga mendekati negara-negara di Samudera Hindia dengan memberikan uang kepada Maladewa dan Sri Lanka – penganggu New Delhi. Menurut Tiongkok, kedua negara itu merupakan bagian dari pengaruh lingkungannya.

Menurut seorang pejabat senior pertahanan di Amerik Serikat (AS), Tiongkok beroperasi lebih sering baik di seluruh Asia Tenggara dan Samudera Hindia. Sepak terjangnya selalu diawasi secara ketat oleh Washington dan New Delhi.

Di sisi lain, Carter dijadwalkan menggelar pembicaraan dengan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi selama lawatan tiga hari. Hal tersebut bertujuan menopang hubungan keamanan dan pertahanan dengan kekuatan regional di India.

Modi, yang berhubungan dekat dengan Presiden AS Barack Obama, kerap mengkritik perilaku Tiongkok yang dipandang memiliki pola pikir ekspansionis.
Sumber : www.beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply