Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Dua Kapal Nelayan Asing Ditenggelamkan di Mempawah

Pemuda Maritim - Dua kapal nelayan asing KM Sinar 228 dan KM Sinar 533 yang ditangkap aparat Kepolisian Perairain (Polair) Polda Kalimantan Barat (Kalbar) beberapa waktu yang lalu ditenggelamkan pada hari ini, Selasa (5/4). Penenggelaman kapal dilaksanakan di perairan sekitar Pulau Datuk Kabupaten Mempawah.

"Sesuai dengan rencana bahwa dua kapal nelayan asing yang ditangkap Polair beberapa waktu yang lalu diputuskan untuk ditenggelamkan. Kapal itu ditangkap karena melakukan pencurian ikan di wilayah laut Indonesia," kata Plh Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Badarudin kepada wartawan pagi ini Selasa (5/4).

Nelayan asing itu melakukan penangkapan ikan di wilayah laut Kalbar tanpa dokumen resmi. Artinya mereka msuk ke wilayah Indonesia dan melakukan penangkapan ikan tanpa izin resmi.

Penenggelaman kapal nelayan asing hasil tangkapan ini dilakukan secara bersamaan dengan di daerah lain di Indonesia. Keputusan menenggelamkan kapal ini bertujuan untuk memberi efek jera bagi nelayan asing yang melakukan pencurian ikan di Indonesia.

Artinya dengan tindakan ini, diharapkan pada masa yang akan datang tidak ada lagi kapal asing yang mencuri ikan di wilayah laut Indonesia. Hal ini penting karena pencurian ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi Indonesia.

"Dalam rangka mengantisipasi dan menjaga laut Indonesia khususnya di wilayah Kalbar, Polda Kalbar secara rutin melaksanakan patroli sesuai dengan kewenangan kami. Diharapkan dengan patroli ini aktivitas pencurian ikan di wilayah laut oleh nelayan asing dapat diminimalisasi sekecil mugkin," kata Badarudin.
Sumber : www.beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply