Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Faktor Ekonomi, Nelayan Kulonprogo Tak Dapat Menjangkau BPJS

Pemuda Maritim - Keterbatasan ekonomi, nelayan di Pantai Congot, Kulonprogo, Yogyakarta tak dapat menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Menurut anggota Kelompok Nelayan Bogowonto, Suroto, selain tidak dapat menjangkau BPJS, nelayan setempat juga tidak menjangkau asuransi lainnya, karena keterbatasan ekonomi.

"Kami pasrah. Kami mengharapkan kami mendapat jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), minimal subsidi," katanya, Senin (25/4/2016).

Untuk itu, pihaknya berharap, pemerintah setempat memfasilitasi program asuransi keselamatan kerja dan jaminan hari tua bagi nelayan di daerah itu.

"Kami berharap pemkab yang memfasilitasi asuransi keselamatan kerja bagi nelayan. Nelayan di sini tidak mampu secara ekonomi menjadi peserta asuransi," ujar dia.

Anggota Kelompok Nelayan Bogowonto Congot lainnya, Suparyono juga mengharapkan hal yang sama yakni subsidi untuk jaminan kesehatan dan asuransi keselamatan kerja.

"Bagaimana kami dapat membayar asuransi keselamatan kerja dan jaminan kesehatan kalau hasil tangkapan kami hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari," katanya.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Muhtarom Asrori meminta Dinas Keluatan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) untuk mengusahakan agar nelayan mendapatkan subsidi jaminan kesehatan dan asuransi keselamatan kerja. Menurut dia, nelayan Kulonprogo merupakan nelayan peralihan dari petani menjadi nelayan.

"Jadi, asuransi keselamatan kerja sangat dibutuhkan. Melaut itu, taruhannya nyawa," kata Muhtarom.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply