Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » KKP Gelar Pertemuan Bahas Isu Coral Bleaching

doc.teknologi.news.viva.co.id
Pemuda Maritim - Coral bleaching (pemutihan karang) sendiri dapat diartikan sebagai hilangnya warna karang yang disebabkan oleh degradasi populasi Symbiodinium (zooxanthellae simbiotik) dan/atau pigmen alga tersebut (Douglas, 2003). 

Peristiwa pemutihan pada skala laboratorium maupun lapangan menunjukkan gejala yang sama yaitu berkurangnya kepadatan Symbiodinium. Pada pemutihan yang tampak dengan mata (secara visual), densitas alga diperkirakan mengalami penurunan hingga 70 – 90% (Fitt et al., 2000). 

Coral bleaching menjadi perhatian dunia karena karang merupakan temapt tinggal atau habitat ikan. Ketika karang hilang, tempat tinggal ikan akan hilang dan akan mengakibatkan penurunan jumlah ikan.

Pemerintah mengadakan kordinasi untuk membahas coral bleaching ini di Jakarta. Bertempat di ruang rapat lantai 4, Gedung II Balitbang KP, berlangsung koordinasi persiapan pembahasan coral bleaching untuk disampaikan esok hari. Fenomena coral bleaching merupakan salah satu dampak dari adanya perubahan iklim di dunia. Perubahan iklim yang dimaksud adalah adanya kenaikan suhu permukaan bumi yang berpengaruh kepada naiknya suhu permukaan laut dunia khususnya pada daerah tropis. 

Disampaikan oleh Dr. Novi Susetyo Adi ST, M.Si bahwa diperkirakan coral bleaching terjadi sekitar 75 tahun yang lalu. Dan pada tahun 1982-1983 coral reef di Galapagos mengalami kematian hingga 95% sehingga dewasa ini semakin banyak kajian mengenai coral bleaching. Kenaikan suhu permukaan laut ini diduga berkaitan dengan adanya Indian Ocean Dipole (IOD) dan fenomena El Nino Southern Oscilation (ENSO). Pertemuan yang dibuka oleh Kepala P3SDLP ini bertujuan untuk mempersiapkan presentasi esok hari dengan Badan Litbang ikut ambil peran  dalam penanganan coral bleaching ini. 

Kajian lebih mendalam tentangcoral bleaching pun dipersiapkan untuk mendukung terjaganya kondisi perairan dunia khususnya Indonesia sebagai bagian penting dari coral triangle. Pertemuan ini dihadiri oleh Dr. Anastasia Tisiana, Dr. Devi Dwiyanti dan juga oleh bagian sosek Kementerian KP. (Amir)

Sumber: p3sdlp.litbang.kkp.go.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply