Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Peduli Dengan Kebersihan Bawah Laut, OSEANIK FPIK UNPAD Mengadakan Seminar Uncleaned


Pemuda Maritim - OSEANIK (Organisasi selam Perikanan dan Ilmu Kelautan) FPIK UNPAD bekerja sama dengan Diver’s Clean Action, menggelar “UNCLEANED” (Underwater Clean-up Education) secara umum workshop ini membahas mengenai cara-cara menjaga laut agar tetap bersih dan tidak semakin tercemar oleh sampah.

Workshop yang diadakan pada Kamis, 14 April 2016 di Aula Dekanat FPIK UNPAD ini mengundang Bapak Syawaluddin A Harahap (Dive Instructor ADS-I dan Dosen FPIK UNPAD), Nadhira Afina dan Nesha Ichida dari tim Diver’s Clean Acton sebagai pemateri. Materi yang disampaikan oleh Bapak Syawaluddin mengenai kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan oleh divers dan kondisi umum dive spot di Indonesia. Sedangkan tim Diver’s Clean Action memaparkan seberapa pentingnya menjaga kebersihan laut dan pesisir, cara-cara menjaga kebersihan laut, dan prosedur pengambilan sampah saat diving juga dipaparkan dalam workshop ini.

Selain upaya pengurangan jumlah sampah di laut, tim Diver’s Clean Action juga melakukan pemetaan jenis-jenis sampah yang ditemukan pada spot-spot yang dilalui, agar didapatkan data darimana sampah-sampah tersebut berasal dan bagaimana penyebarannya dengan melihat sumber arus di wilayah tersebut. Setiap divers juga dapat bekerjasama dengan Diver’s Clean Action dengan gerakan mengambil sampah di laut, dan ternyata, dengan snorkeling pun kita bisa berkontribusi dengan gerakan Diver’s Clean Action ini, dengan cara memungut sampah-sampah yang mengapung di perairan, dan untuk pemantauan awal spot sampah sebelum dilakukan diving untuk memungut sampah. (Mikhael Fredrik T)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply