Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » RI Inisiasi Pertemuan Tiga Negara Bahas Keamanan Maritim

Pemuda Maritim - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan melakukan pertemuan trilateral (tiga negara) dengan Menteri Luar Negeri dan Panglima Angkatan Bersenjata dari Malaysia dan Filipina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan, pertemuan petinggi tiga negara ini merupakan inisiatif Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

Keenam petinggi negara tersebut akan bertemu pada 5 Mei 2016 di Jakarta guna membahas keamanan wilayah maritim di kawasan.

"Pertemuan dengan format two plus two plus two ini rencananya akan dilaksanakan Rabu pekan depan di Gedung Pancasila, Kemenlu RI. Ini merupakan Instruktur Presiden RI kepada Menlu dan Panglima TNI untuk duduk bersama mitra," katanya, di Jakarta, Kamis, 28 April 2016.

Menurut Arrmanatha, pertemuan ini bertujuan untuk membahas upaya bersama dalam meningkatkan keamanan di wilayah yang banyak terjadi pembajakan dan penyanderaan. Pertemuan trilateral ini akan dimulai dengan courtesy call dengan Presiden Joko Widodo pada pagi harinya.

Pada trilateral ini diharapkan akan menghasilkan "joint statement", yang intinya menegaskan kembali komitmen ekonomi dan pergerakan masyarakat di kawasan, serta meningkatkan koordinasi dan keamanan melalui patroli bersama angkatan bersenjata tiga negara.
Sumber :

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply