Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » 100 Nelayan Miskin di Jambi Dapat Bantuan Rumah

Pemuda Maritim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat secara resmi telah menyerahkan 100 unit rumah untuk para nelayan di kabupaten setempat.

"Seratus unit rumah nelayan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera ditempati nelayan di Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur karena sudah diserahkan kepada para nelayan," kata Kepala DKP Tanjung Jabung Timur, Ahmad Riadi Pane, Rabu, (4/5/2016)

Penyerahan bantuan rumah nelayan yang berlokasi tidak jauh dari Kuala Jambi itu, diserahkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang disaksikan oleh Camat Kuala Jambi Taufik Hidayat.

Ahmad Riadi Pane mengatakan, rumah nelayan permanen yang akan segera dihuni para nelayan ini, berukuran 6x6 meter dan dilengkapi dengan dua kamar tidur atau rumah bertipe 36.

Perumahan nelayan ini juga dilengkapi dengan fasilitas air bersih, listrik dan jalan lingkungan yang cukup lebar. Berbagai fasilitas yang tersedia ini, diharapkan dapat meringankan beban para nelayan yang memiliki penghasilan tidak tetap.

Dijelaskannya, para nelayan setempat berhak menempati rumah tersebut selama dua tahun kedepan. Kemudian DKP Tanjabtim akan melakukan verifikasi ulang bagi siapa nelayan yang layak untuk menempati rumah tersebut selanjutnya.

Namun untuk menempati rumah tersebut, nelayan terlebih dahulu harus menandatangi surat perjanjian dengan sejumlah poin tertentu. Seperti dilarang merubah bentuk asli bangunan, dilarang meninggalkan rumah selama dua bulan berturut-turut dan dilarang menjadikan rumah tersebut sebagai tempat usaha.

"Jika salah satu point pada surat perjanjian dilanggar, maka DKP berhak memilih nelayan lain untuk menempati rumah tersebut," kata Pane.

Kebijakan yang dilakukan DKP Tanjung Jabung Timut tersebut cukup beralasan, karena jumlah nelayan di Kecamatan Kuala Jambi berkisar 400 orang. Sementara bantuan rumah nelayan yang ada hanya sebanyak 100 unit.

Sementara itu, salah satu nelayan yang menerima bantuan perumahan nelayan, Heri Mulyadi mengaku sangat terbantu dengan bantuan dari pemerintah pusat tersebut dan berterima kasih kepada pemerintah pusat maupun kabupaten.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply