Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » BUMN Perikanan Dukung Aktivitas Nelayan

Pemuda Maritim - BUMN bidang perikanan selayaknya dimaksimalkan menjadi lembaga semacam Bulog yang menyerap hasil perikanan nelayan dan pembudidaya.

"Pendirian BUMN Perikanan memang diarahkan untuk mendukung aktivitas perikanan rakyat dan mesti berakhir pada meningkatnya kesejahteraan," kata Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Abdul Halim di Jakarta, Jumat (20/5).

Untuk itu, ujar dia, yang diperlukan pembuatan peta jalan yang memungkinkan terwujudnya dan terhindar untuk menjadikan BUMN sebagai "ATM" bagi kepentingan politik tertentu.

Dalam konteks perumusan peta jalan tersebut, rakyat terutama kalangan masyarakat pesisir wajib dilibatkan agar negara juga tidak menjadi semena-mena.

Abdul Halim menginginkan BUMN bidang perikanan dimaksimalkan dan ditata ulang, mulai dari audit aset serta modal usaha. Apalagi, BUMN perikanan telah mendapatkan penyertaan modal negara sejak APBN-P tahun 2015.

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sepakat dalam upaya pemerintah guna mengaktifkan lembaga seperti Bulog Perikanan yang dinilai merupakan solusi peningkatan kesejahteraan nelayan.

"Kalau untuk nelayan agar sejahtera maka solusinya adalah Bulog Perikanan, baik itu bisa langsung dari lembaga Bulog sekarang atau maupun dari BUMN Perikanan," kata Wakil Ketua Umum Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Yugi Prayanto di Jakarta, Kamis (19/5).

Menurut Yugi, dengan adanya Bulog Perikanan maka hasil nelayan tradisional di berbagai daerah kapan pun juga akan dapat terserap dan tidak sia-sia. Selain itu, penyerapan harga tangkapan dan hasil budidaya pelaku usaha perikanan juga harus dilakukan sesuai dengan standar harga yang berlaku di pasaran.

Dikatakannya, lembaga Bulog Perikanan itu harus terdapat hingga ke tingkat daerah-daerah terutama yang merupakan sentra produksi perikanan di Tanah Air.

Terkait dengan wacana Bulog Perikanan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sejumlah kesempatan mengatakan, akan memberdayakan kembali dua BUMN Perikanan untuk menjadi lembaga penyangga hasil kelautan dan perikanan, semacam Bulog untuk perikanan.

Menurut Susi, dua BUMN itu akan bertugas guna menyerap hasil perikanan para nelayan di seluruh Indonesia seperti yang telah dilakukan selama ini oleh Perum Bulog dalam menyerap komoditas beras. "Ini agar harga di tingkat nelayan tidak jatuh," ucapnya.
Sumber : www.medanbisnisdaily.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply