Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Empat Poin Pertemuan Trilateral Maritim di Yogya

Pemuda Maritim - Pertemuan trilateral antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina digelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis (5/5/2016). Pertemuan yang membahas soal keamanan maritim tiga negara ini merupakan lanjutan dari pertemuan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin.

Presiden Jokowi menyempatkan hadir ke Gedung Agung sebelum rapat. Presiden menjelaskan, ada empat point utama yang dibahas. Pertama, rencana kerja sama untuk melakukan patroli bersama di perairan tiga negara. "Poin kedua adalah membahas tindakan yang akan dilakukan jika terjadi suatu masalah," ujar Jokowi.

Ketiga, membahas teknis pertukaran informasi secara secepat jika terjadi penyerangan atau penyandraan anak buah kapal. "Apakah dengan membuka hotline crisis center Filipina dan Malaysia," katanya.

Poin terakhir, membentuk standard operasional prosedur (SOP) baku untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah di perairan. "Panglima sudah kami arahkan agar membuat SOP yang jelas. Sehingga kita bisa bersama-sama bertindak," tegasnya.

Presiden Jokowi berharap ke depannya permasalahan maritim di tiga negara bisa segera terselesaikan dengan adanya pertemuan hari ini. Terutama di daerah yang rawan pembajakan kapal. "Kita harapkan kerja sama antar-tiga negara bisa menyelesaikan masalah terutama di area bermasalah," tutupnya.

Seusai memberikan keterangan pers, Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Agung. Rapat diikuti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Panglima TNI, dan panglima tentara Malaysia dan Filipina.
Sumber : metrotvnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply