Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Lirik Kapal Ekspedisi Majapahit, Bukti Kejayaan Maritim Indonesia

Pemuda Maritim - Jika dilihat dari latar belakangnya, kerajaan Majapahit memiliki kejayaan maritim pada abad ke-13.

Pantauan Okezone, Rabu (11/5/2016), pelepasan kapal rencananya dilakukan oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin, dan perwakilan Kementerian Perhubungan.

Anggota Communnty Majapahit Takajo mengatakan, rencananya kapal ekspedisi ini akan di musiumkan di Tokyo Jepang. "Ini kerjasama kedua negara. Rencana perhitungan sampai di Jepang itu pada awal juli," ucapnya kepada Okezone.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, peluncuran ekspedisi spirit of Majapahit sebagai bentuk mengulang kembali masa kejayaan Indonesia di sektor kemaritiman.

Rizal menyebutkan, peluncuran ini juga sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai sejarah dan budaya pada masa lampau.

"Yang salah satu misinya adalah membangun replika kapal Majapahit (yang diberi nama Spirit of Majapahit dalam rangka napak tilas pelayaran Majapahit ke Jepang," terangnya.

Rencana ini sebelumnya sudah dibahas sejak 2010 pada acara seminar yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata yang melibatkan para ahli sejarah dan perkapalan seperti dari Jerman, Belanda, Prancis, Jepang serta dari Indonesia seperti Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia.

Dari seminar tersebut disepakati desain kapal yang sesuai dengan tipe kapal Majapahit yaitu dengan kapal bercadik dengan panjang panjang 100 meter (m), di lambung terdapat lobang untuk dayung tipe yang sama pada saat kapal Majapahit masuk ke Kali Brantas menuju ke Trowulan.

Pada abad 13, kata Rizal, menurut catatan sejarah kapal Majapahit beberapa kali melakukan pelayaran ke Okinawa dan beberapa tempat di Jepang, dan kedua pihak melakukan hubungan bilateral kerjasama yang dibuktikan dengan penemuan keris Majapahit di Okinawa dan penemuan pecahan keramik lmori kerajaan Jepang abad 13 di Trowulan Jawa Timur.

Sebagai bagian dari misi untuk mengangkat dan melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya maritim, sambung Rizal, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Japan Admiration Community dan Takushoku University akan mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan Ekspedisi Spirit of Majapahit 2016.

Kegiatan ini meliputi napak tilas pelayaran Majapahit ke Jepang pada awal bulan Mei hingga Juli 2016 dengan rute Jakarta-Pontianak-Brunei Darussalam-Manila-Jepang, menjadikan kapal layar Spirit of Majapahit sebagai simbol dari semangat maritim Majapahit dan menjadi monumen di Jepang. Di samping itu direncanakan pula membuat museum baru Kapal Majapahit di Jepang dengan bantuan fasilitasi Kedutaan Besar Indonesia di Jepang, dan sebagai perwujudan kerjasama budaya Indonesia Jepang

"Pada saat Kapal Spirit of Majapahit tiba di Jepang, akan diselenggarakan Festival Rempah-rempah dan festival Keris sebagai bagian dari Ekspedisi ini," tutupnya.
Hari ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama dengan komunitas pencinta sejarah dan budaya, Majapahit Admitration Community berencana melepas replika kapal pelayaran ekspedisi Spirit of Majapahit.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply