Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Membangun Peradaban Teknologi Maritim lewat Marine Icon 2016

Pemuda Maritim - Bersama Membangun Peradaban Teknologi Maritim Indonesia adalah tena besar yang diangkat acara Marine Icon 2016 yang diadakan jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS.

Acara yang memasuki puncak pada Sabtu (30/4/2016) itu, menonjolkan lomba Eco Solar Boat yang diikuti mahasiswa se-Indonesia.

"Lomba tersebut adalah lomba desain prototype kapal tenaga surya dengan panjang 80 cm," kata Heri Febriantoro, ketua panitia Marine Icon.

Intinya, tambah mahasiswa semester 6 itu, adalah menciptakan prototype kapal dengan bahan bakar yang dapat diperbarui, yaitu sinar matahari.

"Tahun-tahun sebelumnya kami fokus pada lomba Marine Diesel Assembling karena basis jurusan kami adalah pada bidang permesinan kapal, dan juga lebih pada unsur budaya tradisional. Kali ini kami berpikir untuk memajukan teknologi maritim, apalagi Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki wilayah laut cukup besar," katanya.

Selain lomba Eco Solar Boat, ada lomba Robotic Boat Competition untuk murid SMA, dan Water Bike Competition yang menunjang bidang pariwisata.

"Tantangan untuk water bike adalah pada segi keseimbangan. Bagaimana sepeda tetap mengapung meski diberi beban seberat orang dewasa. Banyak cara yang akhirnya peserta lakukan, dari mulai diberi pelampung hingga alas galon," ujar Heri.

800 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti tiap-tiap lomba akan berkompetisi memenangkan hadiah total sebesar Rp 42 juta.

Heri berharap, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang mengikuti lomba tetap konsisten mengembangkan teknologi maritim.

"Mari kita kembalikan Indonesia ke identitas maritim dengan didukung teknologi yang akan membangun perdaban ke depannya," pungkasnya.
Sumber : surabaya.tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply